Perjalanan Karier Sepak Bola Radja Nainggolan, 20 Tahun di Eropa, Kini Bakal Merumput di Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Radja Nainggolan dipastikan bergabung dengan klub BRI Liga 1 Indonesia, Bhayangkara FC. Sebelum memutuskan bermain untuk tanah kelahirannya, gelandang asal Belgia itu setidaknya sudah berkarir selama 20 tahun di Eropa.

Gabungnya Nainggolan ke Bhayangkara FC telah dikonfirmasi oleh COO klub Sumardji. Katanya, negosiasi dengan gelandang berusia 35 tahun itu sudah berlangsung lama, tepatnya saat berada di Indonesia.

Kehadiran eks AS Roma itu awalnya untuk promosi Piala Dunia U-1 2023. Klub berjuluk The Guardians itu kemudian mulai bergerak karena sang pemain tak terikat kontrak dengan tim mana pun.

Kesepakatan tercapai. Radja Nainggolan bersedia bermain di kompetisi kasta tertinggi BRI Liga 1 bersama Bhayangkara FC.

Negosiasinya sudah lama, saat dia ke Indonesia, kata Sumardji kepada Pahami.id, Rabu (29/11/2023).

Perjalanan karir

Luncurkan data Transfermarkt, Nainggolan memulai karirnya di akademi Beerschot di Belgia pada tahun 2003. Setahun kemudian, pemain yang identik dengan rambut nyentrik tersebut kemudian pindah ke Italia. bergabung dengan Piacenza U-19.

Di Italia, pemain kelahiran Belgia itu menghabiskan waktu cukup lama, sekitar enam tahun, hingga akhirnya pindah ke Cagliari.

Kariernya pun melejit seiring Nainggolan direkrut klub ibu kota Italia AS Roma pada 2014. Ia bertahan empat musim bersama I Lupi.

Gelandang Inter Milan Radja Nainggolan (kanan) beraksi pada laga giornata ke-36 Liga Italia 2018/2019 melawan Chievo di Giuseppe Meazza, Selasa (14/5/2019) dini hari WIB. [Miguel MEDINA / AFP]

Pada Juli 2018, Nainggolan kemudian menyusul pelatihnya bergabung ke Inter Milan. Sayangnya dia dipinjamkan ke Cagliari musim depan.

Setelah lebih lama dipinjamkan ke Cagliari, gelandang yang mencatatkan 30 caps untuk timnas Belgia itu pulang kampung membela Royal Antwerp.

Namun kariernya tidak mulus karena sering mendapat masalah dengan Antwerp, bahkan sempat mendapat sanksi dari klub karena merokok di bangku cadangan. Kontraknya diputus oleh klub Belgia.

Nainggolan kembali mencoba peruntungannya dengan berangkat ke Italia. Kali ini dia mengenakan seragam SPAL.

Namun karirnya tidak bertahan lama. Hanya sekitar enam bulan kemudian, mantan pemain Inter Milan itu meninggalkan SPAL.

Kini Nainggolan akan memulai perjalanan karier baru. Setelah 20 tahun berkiprah di Eropa, eks timnas Belgia itu akan meramaikan ajang BRI Liga 1 bersama Bhayangkara FC.