Gus Miftah Tuntun Sarwendah Masuk Islam di Bulan Ramadhan, Benarkah? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Beredar video tentang istri Ruben Onsu, Sarwendah yang masuk Islam atau masuk Islam Ramadan ini. Diriwayatkan bahwa Sarwendah memeluk Islam di bawah bimbingan Gus Miftah ketika membaca syahadat.

Video dengan klaim itu diunggah di kanal YouTube CELEBRITI NEWS pada Rabu (29/3/2023). Judul yang ditulis adalah “Berkah Ramadhan Alhamdulillah Sarwendah Sah Memelam Islam”.

Pada thumbnail juga terdapat keterangan dengan riwayat yang sama. “Hot News…!!! Memeluk Islam. Gus Miftah Bimbing Sarwendah Membaca Syahadat,” demikian keterangannya.

Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut telah ditonton ratusan kali. Di kolom komentar, tak sedikit warganet yang percaya dengan klaim video tersebut.

Jadi, apakah klaim video itu benar?

PENJELASAN

Setelah ditonton secara keseluruhan, video berdurasi 4 menit 1 detik tersebut sama sekali tidak menjelaskan dan memberikan bukti yang sah terkait klaim yang telah tertulis di bagian judul video tersebut.

Sebuah video hanyalah beberapa bagian berbeda dari video yang diedit bersama. Salah satunya adalah rekaman video Sarwendah yang tampil live di media sosialnya dengan mengenakan hijab.

Sampai saat ini juga belum ada informasi otentik apakah Sarwendah masuk Islam atau masuk Islam.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kabar Sarwendah resmi masuk Islam dengan bantuan Gus Miftah dalam mengucapkan syahadat adalah tidak benar atau hoaks. Video ini mengandung konten yang menyesatkan.