Gunung Arjuno Terbakar Lagi, Kali Ini Titik Api Terpantau di Pasuruan – Berita Jatim

by
Gunung Arjuno Terbakar Lagi, Kali Ini Titik Api Terpantau di Pasuruan

Pahami.id – Api yang berkobar melanda Gunung Arjuno. Titik panas yang terpantau di wilayah Pasuruan sudah muncul sejak Minggu (22/10/2023).

Kawasan yang terbakar di Blok Gerotan berada di Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

“Sekarang masih dalam proses penghapusan,” kata Kepala UPT Tahura Raden Soerjo, Akhmad Wahyudi, dikutip dari Beritajatim.com–media partner Pahami.id, Senin (23/20/2023).

Tahura Raden Soerjo mengirimkan 20 anggotanya untuk menjinakkan api yang menjalar ke wilayahnya.

Wahyudi belum mengetahui berapa luas wilayah yang terbakar kali ini. Pihaknya meminta menunggu hingga keputusan penghapusan dilakukan. “Sampai saat ini belum diketahui berapa luas lahan yang terbakar,” tegasnya.

Diakuinya, ada beberapa kendala yang dihadapi petugas dalam mengendalikan api. Salah satunya medan terjal dan angin kencang yang mempercepat meluasnya api.

“Topografi yang terjal dan angin kencang di kawasan tersebut membuat api sulit dipadamkan. “Mudah-mudahan proses pemadaman berjalan lancar dan titik api bisa cepat dikendalikan, karena cuaca dan kondisi alam mempengaruhi kerja petugas pemadam kebakaran,” ujarnya.

Pada Agustus 2023, Gunung Arjuno juga ikut terbakar. Daerah terdampak adalah Kabupaten Malang dan Mojokerto.

Salah satu kawasan yang terbakar adalah Bukit Budug Asu. Kebakaran membakar semak-semak dan tumbuhan sabana.

Api terus meluas hingga Curah Sriti dan Bukit Lincing yang termasuk dalam wilayah administratif Desa Pasawahan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.