Gubernur Khofifah Santuni 1.000 Anak Yatim di Akhir Tahun 1444 H – Berita Jatim

by
Gubernur Khofifah Santuni 1.000 Anak Yatim di Akhir Tahun 1444 H

Pahami.id – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Badan Amil Zakat (Baznas) Jatim menggelar doa bersama di penghujung tahun 1444 H sekaligus pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Selasa (18/7/2023) .

Gubernur Khofifah mengatakan, doa bersama dan santunan 1.000 anak yatim ini merupakan bentuk rasa syukur atas segala nikmat dan memohon rahmat Allah SWT kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Sekarang kita memasuki tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah. Semoga Tuhan memberkati Jawa Timur tahun ini sehingga Jawa Timur menjadi lebih baik, masyarakatnya lebih bahagia, lebih sejahtera, lebih banyak rezeki dan Tuhan memberkati semua orang dengan kesehatan,” katanya.

Dalam momentum bulan Muharram, Gubernur Khofifah juga mengajak masyarakat untuk lebih banyak bersedekah kepada anak yatim. Karena bulan Muharram juga merupakan bulan anak yatim, bahkan banyak hadits yang menyebutkan bahwa Nabi mengadakan zakat untuk anak yatim di bulan Muharram.

Ditambahkannya, Nabi semasa hidupnya juga sangat dekat dengan anak yatim. Bahkan Nabi SAW bersabda bahwa dia dan orang-orang yang mengasuh anak yatim memiliki kedekatan di surga seperti jarak antara jari telunjuk dan jari tengah.

“Kita semua perlu merasa menjadi bagian dari tanggung jawab kita terhadap anak yatim di sekitar kita, khususnya di Jawa Timur,” jelasnya.

“Saya berdoa agar anak-anak semua mencapai semua cita-citanya, menjadi pegawai negeri, penghafal Alquran, imam besar, pekerja bank, tentara, polisi, jaksa, dokter. Semoga Tuhan memudahkan segalanya,” lanjutnya seperti anak kecil yatim piatu yang hadir.

Usai pembagian santunan, acara dilanjutkan dengan doa penutup tahun 1444 H yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Sunan Ampel KH. Ahmad Dzulhilmi Ghozali.

Secara khusus, kata Khofifah, doa-doa Tahun Baru Islam 1444 H hingga 1445 H seperti lama dan baru, demi mengimbangi rahmat dan berkah Tuhan untuk Jawa Timur.

“Termasuk upaya-upaya yang kami lakukan secara terukur, terutama indikator perencanaan dan pembangunan agar tetap sejalan dengan rahmat dan ridho Allah SWT,” pungkasnya.

Sekedar informasi, dalam rangka memperingati 1 Muharram akan diadakan jalan sehat pada Rabu (19/7) pukul 06.00 dimulai dari Masjidil Haram Al Akbar Surabaya dengan berbagai doorprize menarik berjumlah 9.