Fokus pada Sektor UMKM, BRI Hadirkan Pesta Rakyat Simpedes 2023 di Pandaan – Berita Jatim

by
Fokus pada Sektor UMKM, BRI Hadirkan Pesta Rakyat Simpedes 2023 di Pandaan

Pahami.id – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) senantiasa didorong untuk memperluas dan memajukan usahanya. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank yang fokus pada sektor UMKM terus melakukan pemberdayaan pelaku usaha di segmen Mikro dan Ultra Mikro, salah satunya melalui Parti Rakyat Simpedes (PRS).

Pada tahun 2023, PRS akan dilaksanakan di Pandaan, Jawa Timur, dan menjadi PRS besar ketiga pada tahun ini, setelah sebelumnya diadakan di kota Yogyakarta dan Bandung.

Acara yang diselenggarakan oleh Tabungan BRI Simpedes ini mengangkat tema “Pede Rebut Peluang”, pada tanggal 26-27 Agustus 2023 di Taman Candra Wilwatika, Pandaan. Acara ini menghadirkan lebih dari 150 UKM terkemuka di Jawa Timur, dan akan dihadiri oleh lebih dari 10.000 nasabah BRI Group dan masyarakat, serta ratusan komunitas aktivis budaya Jawa Timur.

Seperti diketahui, Festival Rakyat Simpedes digelar secara berkala sejak tahun 2008, sebagai sarana edukasi dan hiburan agar masyarakat percaya diri untuk berwirausaha. Pada masa pandemi (2020-2021), PRS tetap dilaksanakan secara online yang disiarkan melalui media streaming.

Selain menghadirkan berbagai hiburan, berbagai program dilakukan dalam kegiatan ini untuk memberdayakan UKM, literasi digital, memberikan layanan perbankan kepada nasabah. Selain itu, PRS Pandaan 2023 juga merupakan wujud dukungan BUMN untuk mendukung UMKM di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Pasuruan.

Festival Rakyat BRI Simpedes 2023 sendiri akan berlangsung pada Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia. Acara tersebut akan disiarkan langsung di channel YouTube BRI dan disiarkan langsung di Kompas TV.

Terkait kegiatan tersebut, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan melalui kegiatan ini BRI terus memasyarakatkan penggunaan QRIS BRI sebagai bentuk edukasi digitalisasi keuangan kepada masyarakat.

“Tentu saja hal ini sejalan dengan komitmen PRS untuk mengajak seluruh pelaku UKM agar lebih percaya diri dalam menangkap peluang sehingga mampu menangkap peluang di segala bidang usaha,” ujarnya.

Pada seri PRS, layanan lengkap diberikan kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. Di sisi lain, BRI juga mendorong akuisisi merchant melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk memudahkan transaksi bagi UKM.

Salah satu rangkaian PRS yang paling dinanti adalah Grebek Pasar yang menyasar lima pasar tradisional yakni Pasar Kebonagung, Pasar Purwosari, Pasar Sukorejo, Pasar Pandaan, dan Pasar Wisata Cheng Ho.

Grebek Pasar dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 25 Agustus 2023. Kegiatan ini merupakan momen spesial dimana warga BRI berkumpul lebih dekat dengan pedagang lokal di pasar tradisional untuk memberikan edukasi keuangan BRI kepada masyarakat dan pelaku UKM.

Layanan tersebut antara lain pembukaan Tabungan BRI Simpedes secara digital dan transaksi melalui BRImo, serta pembayaran menggunakan QRIS BRI.

Enam Pilar BRI 2023 Menghambat Partai Rakyat

Ajang PRS 2023 di Pandaan juga membawa enam tonggak utama. Pertama, pilar Perbarisan dengan memberikan fasilitas literasi digital kepada pelaku UKM di Pandaan melalui pemanfaatan BRImo dan fitur-fiturnya. Selain memberikan nilai edukasi, Parade PRS 2023 juga dimeriahkan dengan kegiatan Parade Seni dan Budaya yang dimeriahkan oleh Marching Band dan Komunitas, Sabtu (26/8/2023).

Kedua, bazar pasar UMKM unggulan Jawa Timur di Pandaan yang akan menampilkan beragam produk UMKM dalam beberapa kategori seperti kuliner, fashion, craft dan seluruh transaksi pembelian produk UMKM menggunakan QRIS BRI, scan menggunakan BRImo.

Ketiga, Harvest yang merupakan simbolis penyerahan program Panen Hadiah Simpedes dan berbagai kegiatan berhadiah bagi para pengunjung yang hadir. Keempat, PRS Corner Pandaan X’Sis dimeriahkan dengan kegiatan mural kolaboratif, Pesta Durian yang dapat dinikmati pengunjung dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, serta acara memasak besar dengan menu utama 1.000 hidangan Rujak Cingur bersama para tamu. bintang Bobon Santoso.

Kelima, Prihatin yang merupakan wujud kepedulian sosial BRI terhadap masyarakat sekitar dengan memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, program donor darah, penukaran sembako gratis, penukaran botol atau sampah plastik yang dapat ditukarkan dengan voucher ratusan ribu rupiah, serta serta lukis wajah dan potong rambut gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Terakhir, Panggung yang akan lebih dimeriahkan dengan penampilan Wayang dan Ludrukan pada 26-27 Agustus 2023 serta hiburan dari beberapa artis nasional dan lokal seperti Inul Daratista, Slank, Gigi, Repvblik, Via Vallen, New Palapa dan Om Sera.

Sebagai informasi, pembelian tiket Parti Rakyat Simpedes 2023 dapat dilakukan sebelum acara melalui website partyrakyatsimpedes.com dan bagi yang tidak sempat membeli tiket secara online juga tersedia pembelian langsung di lokasi acara (di halaman spot) dengan cara scan QRIS BRI hanya dengan Rp 1, menggunakan BRImo.

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Parti Rakyat Simpedes 2023 dapat diakses melalui Instagram @bankbri_id atau website bbri.id/PRS2023.