Efek Kemoterapi, Kuku Nunung Srimulat sampai Biru-Biru – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Nunung Srimulat memperbanyak menu makanan dan minuman sehat selama proses pengobatan kanker payudara. Jus buah merupakan salah satu menu yang paling sering dikonsumsi.

“Jus sekarang banyak. Minum lima sampai tujuh kali sehari, tidak apa-apa,” kata Nunung Srimulat, saat ditemui di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta, Rabu (23/8/2023).

Nunung Srimulat di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (9/5/2023) [Pahami.id/Adiyoga Priyambodo]

Nunung Srimulat mengonsumsi beragam jus buah setiap hari. Buah-buahan yang dipilih rata-rata mengandung zat yang mampu mengusir radikal bebas.

“Boleh jus brokoli, wortel, apel. Toh jus apa saja boleh,” kata Nunung Srimulat. Intinya bisa menangkal radikal bebas, kata suami Nunung Srimulat, Iyan Sambiran.

Tak hanya untuk daya tahan tubuh, Nunung Srimulat perlu mengonsumsi jus buah untuk meminimalisir efek samping kemoterapi. Ia mulai merasakan munculnya bintik-bintik biru di kukunya akibat kemoterapi.

Nunung Srimulat dan Iyan Sambiran bertemu di Kapten P. Tendean, Jakarta Selatan pada Minggu (13/8/2023) [Pahami.id/Tiara Rosana]
Nunung Srimulat dan Iyan Sambiran bertemu di Kapten P. Tendean, Jakarta Selatan pada Minggu (13/8/2023) [Pahami.id/Tiara Rosana]

“Supaya tidak gosong. Kuku saya membiru semua, efek kemo. Jadi perbanyak jusnya,” jelas Nunung Srimulat.

Berkat asupan jus tersebut, flek biru tersebut tidak menyebar ke area lain di tubuh Nunung Srimulat. Komedian berusia 60 tahun ini juga bersyukur atas efek luar biasa dari membuat jus.

Alhamdulillah badannya tidak terpengaruh karena tetap meminum jus tersebut, kata Nunung Srimulat.

Nunung Srimulat didiagnosis menderita kanker setelah menemukan benjolan tumbuh di area payudaranya pada Februari 2023. Awalnya bintang OVJ itu tak memperdulikan benjolan kecil itu.

Namun setelah benjolan semakin membesar dan mulai terasa sakit, Nunung Srimulat akhirnya memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksa kondisi payudaranya. Hingga akhirnya, komedian yang tersandung kasus narkoba ini didiagnosis mengidap kanker payudara setelah melalui serangkaian tes.

Diagnosis awal tim dipastikan dari hasil biopsi Nunung Srimulat. Benjolan di payudara pemilik nama asli Tri Retno Prayudati itu dipastikan merupakan sel kanker stadium satu.

Hingga akhirnya Nunung Srimulat membawa kabar baik. Proses kemoterapi dinyatakan selesai setelah tim dokter melihat sisa sel kanker di tubuh komedian itu sudah tidak berbahaya lagi.

Nunung Srimulat kini menjalani imunoterapi untuk meningkatkan imunitas. Sesuai anjuran dokter, Nunung bisa menjalani imunoterapi tiga minggu sekali selama setahun.