Dapat Perlawanan dari Korbannya, Begal di Pasuruan Jadi Bulan-bulanan – Berita Jatim

by
Lama Jadi Buronan Polisi, Begal Meresahkan Warga Surabaya Akhirnya Tertangkap

Pahami.id – Kebencian perampok di Pasuruan ini bisa dicegah oleh korbannya. Sugeng Prawito (40), Kepala Bidang Kesejahteraan Masyarakat Desa Sidepan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan melakukan perlawanan terhadap pelaku yang hendak mencuri sepeda motor miliknya.

Kejadian tersebut dibenarkan Kepala Kampung Sidepan, Musa (46). Dia mengatakan, pencurian itu bermula saat Sugeng hendak pulang ke rumah.

Namun korban berhenti sejenak untuk melihat tanaman di kebunnya.

“Iya, waktu itu Pak Sugeng melihat tanaman kacang tanah miliknya di kebun sebelum pulang ke rumah. “Kemudian dia mengetahui ada tiga orang yang mencoba mencuri sepeda motornya,” kata Musa seperti dikutip Beritajatim.com–rekan media Pahami.id, Selasa (2/1/2024).

Sadar sepeda motornya diambil orang tak dikenal, Sugeng lalu mengejarnya dengan meminjam sepeda motor jenis Yamaha Jupiter milik salah satu warga. Pengejaran tidak bisa dihindari.

Pengejaran Sugeng sampai di Desa Sumberejo. Korban mencoba menabrakkan sepeda motor yang dikendarainya ke arah tiga pencuri.

Tiga pencuri sepeda motor terjatuh. Sugeng dan pelaku kemudian terlibat perkelahian. Pencuri sepeda motor itu mengeluarkan senjata tajam seperti arit dan pisau.

“Pencurinya kemudian mengeluarkan senjata tajam, lalu membacok Pak Sugeng hingga kepalanya terbentur. Pak Sugeng juga kena peluru, tapi tidak meledak, lanjutnya.

Pelaku berusaha melarikan diri dengan mencuri sepeda motor Honda Green milik warga yang sedang mandi di sungai Grati. Sugeng berteriak minta tolong.

Warga yang mendengar teriakan Sugeng mengejar pelaku. Satu dari tiga orang berhasil ditangkap di kantor desa setempat. Tak lama kemudian, anggota Polres Pasuruan mendatangi lokasi untuk menjaga keamanan.