Daftar Nama 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas, Tim SAR Lakukan Pencarian di Perairan Sumenep – Berita Jatim

by
Daftar Nama 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas, Tim SAR Lakukan Pencarian di Perairan Sumenep

Pahami.id – tim SAR mencari keberadaan Kapal Putra Sumber Mas yang dilaporkan mengalami kerusakan mesin di perairan laut utara Kecamatan Dungkek, kabupaten Sumenep.

Dua kapal dikerahkan, KN SAR 249 Permadi dan RIB 01 untuk mencari 15 anak buah kapal (crew) pada Senin (22/1/2024).

Kapal Putra Sumber Mas dilaporkan mengalami kerusakan mesin setelah menangkap ikan. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Brondong Lamongan mencari ikan di perairan laut sekitar Pulau Masalembu pada Sabtu (6/1/2024).

Setelah berlayar kurang lebih 14 hari, kapal bermaksud kembali ke Lamongan dengan mengunjungi perairan laut utara Pulau Madura pada Sabtu (20/1/2024). Namun di tengah perjalanan, mesin kapal mati akibat masuknya air laut.

Berdasarkan informasi tersebut, tim SAR telah mengirimkan dua kapal untuk mencari kapal Putra Sumber Mas.

Kepala Operasi Kantor SAR Surabaya Mahmud Afandi mengatakan, KN SAR 249 Permadi akan melakukan pencarian sekitar 22,04 mil laut. Besar kecilnya area pencarian berdasarkan pada aplikasi SAR Map Forecast.

Sementara itu, kapal RIB dari Satuan Siaga SAR Sumenep akan melakukan pencarian di wilayah pencarian sekitar 5,4 mil laut.

“Dalam operasi SAR kapal Putra Sumber Mas, tim Satuan Siaga SAR Sumenep merupakan tim pendahulu yang kami turunkan untuk melakukan asesmen pada hari pertama setelah menerima laporan kejadian,” kata Mahmud dalam siaran pers yang diterima SuaraJatim. .PENGENAL.

Ia mengungkapkan, pada pencarian hari kedua, tim Sat Intel SAR Sumenep melakukan pencarian di area seluas 9 mil laut. Namun kami tidak menemukan hasil apa pun karena kendala cuaca.

“Kemarin tim kami komunikasi dengan TBC. Oscar dan Kapal Kargo melalui Selat Laut untuk menyebarkan berita tentang Kapal Putra Sumber Mas dengan harapan kapal-kapal yang lewat juga dapat membantu melakukan pemantauan dan pencarian selama pelayarannya, jelas Mahmud.

Sebelumnya, kabar hilangnya kapal Putra Sumber Mas dilaporkan oleh awak kapal Ubaid kepada Kapid (kapten yang tidak berlayar). Informasi tersebut kemudian disampaikan kepada pemilik kapal dan asosiasi nelayan Dungkek. Namun upaya pencarian tidak membuahkan hasil sehingga diteruskan ke Satpolairud Polres Sumenep.

Berikut daftar lima belas anak buah kapal Putra Sumber Mas, yakni Rohmat Mustakim (sebagai kapten), Ubaid, Andriko, Suburno, Anton, Nizar, Kasno, Fauzi, Slamet, Budi, Rosid, Mul, Bidin, Nyamek, dan Drajat.