Daftar Nama 12 ABK KM Putra Sumber Mas yang Ditemukan Selamat, Tiga Orang Masih Hilang – Berita Jatim

by
Daftar Nama 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas, Tim SAR Lakukan Pencarian di Perairan Sumenep

Pahami.id – Temukan anggota kruanggota awak kapal) Kapal motor Putra Sumber Mas dilaporkan mengalami kerusakan mesin di perairan bersangkutan Sumenep mulai berbuah.

Tim SAR gabungan menemukan 12 dari 15 awak kapal di kapal nelayan tersebut. Semuanya aman di perairan Selat tersebut Balitepatnya di utara Pulau Lombok.

Informasi lokasi awak kapal motor Putra Sumber Mas dilansir Radio Marine KN SAR Permadi, Rabu (24/01) sekitar pukul 07.15 WIB.

Kepala Bidang Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya Mahmud Afandi mengatakan, awak kapal tersebut ditemukan Kapal Tugboat Kharisma Bahari 168 yang sedang melintasi jalur pelayaran dari Saumlaki, Maluku menuju Gresik, Jawa Timur.

“Kami mendapat informasi bahwa TB Kharisma 168 kini menarik TB Kharisma Bahari 98,” demikian keterangan yang diterima Pahami.id.

Dia menjelaskan, para penyintas pertama kali ditemukan mengambang menggunakan material kapal. TB Kharisma Bahari 168 kemudian membantu awak KM Sumber Putra Mas.

Mendapat informasi tersebut, SAR Surabaya mengirimkan KN SAR Permadi untuk menjemput 12 awak kapal.

“Usai mengevakuasi korban selamat, TB Kharisma Bahari 168 melanjutkan perjalanan menuju Gresik dengan kecepatan 2,2 knot dan dicegat oleh KN SAR Permadi di perairan sekitar Pulau Kangean,” kata Mahmud.

Sekitar pukul 14.00 WIB KN SAR Permadi berhasil mendekati lokasi TB Kharisma 168. Namun saat itu cuaca buruk dan gelombang tinggi menyebabkan proses tender kedua kapal tersebut tidak berhasil.

Melihat kondisi tersebut, KN SAR Permadi kemudian sandar di Pelabuhan Sapeken. Sedangkan TB Kharisma Bahari melanjutkan perjalanan menyusuri rutenya.

“Apabila kondisi cuaca sudah mendukung, kami akan tetap membawa 12 orang awak kapal TB Kharisma 168 tersebut dan setelah itu rencananya akan kami pindahkan ke Dermaga Kalianget karena di sana terdapat ambulans dan tenaga medis dari KKP, Dinas Kesehatan dan Kesehatan Masyarakat Kalianget. Tengah,” lanjut Mahmud.

Berikut data awak kapal motor Putra Sumber Mas:

1. Rohmat Mustakim (33)

2. Agus Gani Susanto (42)

3. Andriko Johan Tomas (23)

4. Suburno (23)

5.Anton (31)

6. Muh. Nizar Firmansyah (21)

7. Kasno (43)

8. Ali Fauzi (55)

9. Slamet Riyadi (32)

10. Harnanto

11. Muh. Ali Rosyidin

12.Mulyono

Sedangkan kru yang masih dicari adalah:

1.Aagus Budi Santoso

2. Saudara Susilo

3. Zainal Abidin