Curhat Pajak Hiburan Bikin Bisnis Karaoke Sepi, Inul Daratista Malah Balik Kena Kritik Soal Minim Inovasi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Inul Daratista pernah menyoroti dampak tingginya pajak hiburan terhadap bisnis karaokenya. Melalui Instagram, Inul mengunggah kondisi salah satu cabangnya yang sepi meski di akhir pekan.

Kebetulan di luar hujan, sepi juga,” kata Inul Daratista dalam video yang diunggah akun Instagram Hotman Paris Hutapea, Minggu (14/1/2024).

Inul Daratista kemudian bertanya kepada salah satu karyawannya berapa pajak yang dibebankan pada tempat karaoke miliknya. Karyawan tersebut mengatakan, saat ini cabang Inul Vizta dikenakan pajak sebesar 25 persen dan mulai banyak dikeluhkan pelanggan.

“Berapa pajaknya?” Pertanyaan Inul Daratista.

“Kita di sini 25 persen. Itu saja, banyak tamu yang mengeluh, bagaimana kalau naik lagi?” jawab pekerja itu.

Usai mendengarkan penjelasan pekerja tersebut, Inul Daratista pun menjelaskan betapa tingginya pajak hiburan berdampak pada pengusaha seperti dirinya. Ia juga dengan keras menentang pembicaraan mengenai kenaikan pajak hingga 75 persen.

“Cuma 25 persen, situasinya begini (tidak ada pengunjung). Mereka (pekerja) perlu makan,” kata Inul Daratista.

Hotman Paris Hutapea sendiri pun mengomentari keluhan Inul Daratista soal tingginya pajak hiburan. Ia mengamini pajak yang dikenakan berpotensi menyebabkan pengusaha merugi bahkan bangkrut.

“Jutaan pekerja karaoke, spa, dan pusat hiburan terancam PHK. Kenapa? Apakah selama ini mereka menikmati pajak? Mau bayar pajak tambahan 75 persen yang dikenakan operator karaoke? Harus bayar pajak yang sangat tinggi menyanyikan?” tulis Hotman Paris Hutapea dalam unggahannya di Instagram.

Keluhan Inul Daratista soal tingginya pajak hiburan mendapat kecaman dari warganet. Ada yang meminta Inul Legawa menerima kenyataan bahwa bisnis karaoke tak lagi sesibuk dulu karena perkembangan zaman.

“Tidak perlu mencari pembenaran. Bisnis karaoke sudah terpuruk karena kita bisa membeli speaker bluetooth yang murah dan bagus. Kenapa harus karaoke lagi?” ucap pemilik akun @zames*** di kolom komentar.

Ada pula warganet yang meminta Inul Daratista lebih kreatif memikirkan pengembangan bisnis baru. Di era sekarang, hanya wirausaha kreatif yang mampu bertahan.

“Harus cari cara lain Mbak Inul, perkembangan musik luar biasa. Pakai handphone saja sudah bisa karaokean,” kata akun @soeras***.

Biodata Lengkap dan Agama Inul Daratista (Instagram/@inul.d)

Tak sedikit pula yang menuntut agar Inul Daratista lebih bersyukur dengan apa yang dimilikinya saat ini. Mereka menganggap rezeki Inul sebagai kendala karena sering mengeluh bukannya mensyukuri apa yang dimilikinya saat ini.

“Itulah yang menyulitkan tentunya karena selalu mengeluh dan menyalahkan pihak lain,” ucap akun @david***.

Inul Daratista belum menanggapi kritik netizen atas keluhannya soal tingginya pajak hiburan.