Bus yang Ditumpangi 29 Santri Gontor Terjun ke Jurang, Tiga Meninggal di Lokasi – Berita Jatim

by
Bus yang Ditumpangi 29 Santri Gontor Terjun ke Jurang, Tiga Meninggal di Lokasi

Pahami.id – Kabar duka datang dari Pondok Pesantren Gontor Ponorogo, Jawa Timur (Jawa Timur) karena tiga santri tewas dalam kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulawesi Tengah) pada Rabu (3/5/2023).

Menurut Kapolres Parimo Wakil Komisaris Besar Yudy Arto Wiyono, kecelakaan bus tersebut terjadi akibat rem blong. Bus tak terkendali itu memasuki jurang sedalam 30 meter di Jalan Ladang Kopi KM 4, Desa Toboli, Kecamatan Toboli Barat, Rabu (3/5/2023) sekitar pukul 22.55 WITA.

Ia mengatakan, bus bernomor polisi DP 7604 KA yang dikemudikan Pariu Sirupang (35) itu berangkat dari Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu menuju Pondok Pesantren Gontor, Kabupaten Poso.

“Bus berangkat dari Bandara Mutiara Sis Aljufri, Kota Palu, mengantar santri ke Pondok Pesantren Gontor di Poso,” kata AKBP Parimo Kapolres Yudy Arto Wiyono saat dimintai konfirmasi, Kamis (4/5/2023).

Sayangnya, saat memasuki belokan kiri di KM 4 Toboli Barat, bus kehilangan kendali dan terjun ke jurang.

“Akibat rem blong, bus tumbang 30 meter ke jurang. Keterangan saksi mengatakan, saat itu mendengar sopir berteriak rem blong,” jelas Yudy.

Akibat kejadian ini, tiga pelajar tewas dan penumpang lainnya mengalami luka ringan hingga berat. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit.

“Saat ini tiga mahasiswa meninggal dunia dan satu penumpang lainnya luka-luka serta dirawat di RS Anuntaloko Parigi,” ujarnya.

Kasudin Operasi dan Siaga Basarnas Palu Andi Sultan mengungkapkan, korban berhasil dievakuasi secara bertahap pada Kamis (4/5/2023) pagi.

Identitas ketiga korban tewas tersebut adalah Muhammad Rizky Pratama, Gustian Erlangga dan Muhammad Fathir.

“Pada pukul 01.25 WITA 2 korban meninggal dunia telah dievakuasi dan pada pukul 02.15 WITA tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi satu korban meninggal dunia,” ujarnya.