Baru Somasi 1, Belum 30 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Band Stinky dan Andre Taulany dilarang menyanyikan “Mungkin” dan “Jangan Tutup Dirimu”. Larangan ini datang dari Ndhank Surahman Hartono, pencipta single tersebut.

Ndhank Surahman Hartono memberikan somasi terbuka melalui video di Instagram, 30 Desember 2023. Sayangnya, mantan anggota Stinky ini tak memberikan alasan jelas atas larangan menyanyikan kedua lagu tersebut.

Staf Stinky dan Andre Taulany sudah mengetahui larangan Ndhank Surahman Hartono. Tidak secara langsung, melainkan melalui penggemar dan video di Instagram.

“Kita ketawa-ketawa aja, aku telpon dia (Andre Taulany),” kata Irwan Batara, pemain bass Stinky saat ditemui di Bintaro, Tangsel, Selasa (2/1/2024).

Andre Taulany dan Irwan Stinky menanggapinya dengan santai. Bahkan penghibur Lapor Pak! “Dia berkata kepada rekannya, ‘Aduh, konyol, hanya satu setelan dan belum 30’.”

Bagi Andre Taulany dan Stinky, pemanggilan yang dilakukan Ndhank bukanlah hal yang serius. “Orang-orang bercanda seperti itu,” kata Irwan.

Irwan Stinky yakin grupnya akan baik-baik saja menyanyikan lagu “Mungkin”, karena mereka punya hukum.

“Dari segi hukum, lagu ‘Could It Be’ diciptakan oleh dua orang, Irwan dan Ndhank. Kenapa masih kami nyanyikan, karena lagu tersebut terdaftar di penerbit dan lembaga royalti kolektif,” tambah Irwan Stinky.

Format baru Stinky Band. [Rena Pangesti/Pahami.id]

“Saat saya buat, dilarang (menyanyikan) Ndhank,” lanjut Irwan.

Irwan Stinky lantas berpikir, jika lagu “Mungkin” hanya diciptakan oleh Ndhank Surahman Hartono sendiri, bisa-bisa ia melarang orang lain untuk menyanyikan lagu tersebut.

“Kecuali hanya Ndhank yang menciptakannya, tidak apa-apa. “Tapi itu lagu Ndhank dan Irwan,” kata Irwan Stinky.

Untuk diketahui, Ndhank Surahman Hartono tiba-tiba melayangkan surat panggilan terbuka kepada Stinky dan Andre Taulany menyanyikan “Mungkin” dan “Jangan Tutup Diri”.

Gugatan Ndhank berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014. Karena menciptakan lagu “Mungkin” bersama Irwan Batara, bassis Stinky, Ndhank memberikan izin sesuai ketentuan.

“Jika kakak Irwan Batara sebagai anggota Stinky masih ingin menyanyikan lagu ‘Mungkin’, silakan mainkan sesuai part di akhir lagu yang berbunyi ‘Aku cinta kamu, aku akan selalu menjagamu bla bla. bla’,” kata Ndhank.