Sosok Rizal Ramli Pernah Dianggap Layak Dampingi Prabowo Subianto: Idealis dan Anti Suap – Berita Jatim

by
Sosok Rizal Ramli Pernah Dianggap Layak Dampingi Prabowo Subianto: Idealis dan Anti Suap

Pahami.id – Ekonom sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat pada Selasa (2/1/2024) pukul 19.30 WIB.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Ayah/kakek/mertua kami, Rizal Ramli meninggal dunia pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di RS Cipto Mangunkusumo,” tulisnya seperti dikutip.

“Kami sekeluarga meminta maaf jika ada kesalahan yang diperbuatnya sepanjang hidupnya,” lanjutnya.

Rizal Ramli, menurut stafnya, Yosef Sampurna Ngarang, sempat dirawat di RSCM selama sebulan.

“Bulan lalu di RSCM dia berjuang melawan penyakitnya. Tuhan punya rencana lain,” kata Yosef seperti dikutip Pahami.id

Rizal Ramli merupakan ekonom kelahiran Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Beberapa jabatan penting di pemerintahan pernah diembannya, terakhir menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Indonesia pada Kabinet Kerja Jokowi-Jk.

Sebelum Prabowo memilih Gibran Rakabumung Raka pada Pilpres 2024, Rizal Ramli dinilai sebagai sosok yang tepat mendampingi Ketum Gerindra tersebut.

Menurut pengamat politik dari Kajian Politik dan Kebijakan Publik (P3S) Jerry Massie, Rizal Ramli membutuhkan ekonom jika memenangkan Pilpres 2024.

Menurutnya, dengan situasi perekonomian yang kisruh dan utang yang terus melanda, mantan Danjen Kopassus perlu bekerja sama dengan ekonom yang juga mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli.

“Prabowo membutuhkan pasangan yang ahli ekonomi seperti Rizal Ramli. Untuk itu, Rizal Ramli harus menjadi prioritas,” kata Jerry dilansir Antara pada Agustus 2022.

Lulusan ITB Bandung dan Universitas Sophia, Jerry menilai dirinya bersih, idealis, dan mampu memberantas praktik mafia.

Saya kira ‘pemerintahan yang baik dan bersih’ akan terwujud. Saya rasa, Prabowo tidak akan rugi apa-apa jika menggandeng Rizal Ramli di Pilpres mendatang. Rizal Ramli adalah sosok yang bersih, idealis, mampu membersihkan praktik mafia. oligarki paling takut ke Rizal Ramli karena dia mantan Menteri Koordinator. “Equin era Gus Dur anti korupsi dan konspirasi jahat,” jelasnya.