Bank Mandiri Kembali Menggelar Mandiri Jogja Maratahon 2023 – Berita Jatim

by
Bank Mandiri Kembali Menggelar Mandiri Jogja Maratahon 2023

Pahami.id – Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2023, ajang lari tahunan yang paling ditunggu-tunggu, akan menghadirkan perjalanan baru di tahun ini. Dipastikan akan lebih semarak dari tahun sebelumnya, kali ini event marathon berskala internasional yang dikenal luas dengan nama Mandiri Jogmar akan digelar di Yogyakarta dengan peserta hingga 8.000 orang dari berbagai daerah.

Ajang yang mempertandingkan empat kategori yakni Marathon (42.195 Km), Half Marathon (21 Km), serta 10 Km dan 5 Km (Fun Run) ini digelar di pusat pariwisata Yogyakarta, yakni kawasan Prambanan pada 18 Juni lalu. , 2023. Acara yang telah diselenggarakan sejak tahun 2017 ini juga merupakan wujud komitmen Bank Mandiri untuk memperkenalkan keunikan dan keragaman pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Tak hanya itu, kegiatan yang digelar setiap tahun oleh Bank Mandiri ini juga merupakan upaya untuk menghidupkan kembali budaya hidup sehat. Hal ini juga menjadi momentum bagi perusahaan untuk mensukseskan prinsip-prinsip lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) yang diusung oleh Bank Mandiri.

Sebagai ajang penerapan zero waste to landfill, Bank Mandiri menggandeng beberapa pihak dan perusahaan pengelola sampah untuk menata dan mendaur ulang sampah organik dan anorganik agar bermanfaat bagi lingkungan. Hal ini merupakan wujud konsistensi Bank Mandiri dalam mencapai penurunan emisi karbon dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.

Tak hanya itu, Corporate Communications Vice President Bank Mandiri Ricky Andriano menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Bank Mandiri juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mempromosikan kekayaan budaya dan produk lokal. Selain membudayakan pola hidup sehat, tambah Ricky, Mandiri Jogja Marathon juga memiliki misi untuk mendorong pembangunan pariwisata dan ekonomi di Yogyakarta dan sekitarnya termasuk di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Mandiri Jogja Marathon 2023, seperti tahun-tahun sebelumnya, diharapkan dapat menjadi katalis penggerak pertumbuhan pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta, serta penggerak perekonomian secara keseluruhan. Kami harap ini bisa menjadi trigger positif bagi perekonomian dalam negeri,” kata Ricky dalam Press Conference Mandiri Jogja Marathon 2023 di Yogyakarta, Kamis (15/6/2023).

Apalagi, sebagian besar dari 8.000 peserta yang akan bertanding pada marathon tahun ini merupakan pelari lintas generasi yang berasal dari wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar di Indonesia. Termasuk, beberapa pelari dari berbagai negara seperti Kenya, Jepang, Australia, Inggris, Belgia, Malaysia, dan negara lainnya.

Hal ini, lanjut Ricky, akan memberikan warna tersendiri pada perhelatan MJM 2023 yang jarang ditemui pada perhelatan serupa lainnya. “Mandiri Jogja Marathon 2023 juga mengembangkan rangkaian kegiatan yang melibatkan komunitas pelari nasional dan internasional dengan memberikan pengalaman yang memuaskan kepada seluruh peserta,” tambahnya.

Dalam upaya mengoptimalkan hal tersebut, acara ini juga menggandeng instansi daerah mulai dari Pemkab Sleman, Polda DIY dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Ricky menjelaskan, kerjasama ini merupakan kunci penting untuk mendukung kelancaran acara termasuk mengatur lalu lintas guna menjaga aktivitas masyarakat di sekitar jalur lari peserta.

Selain itu, untuk memperkuat keamanan dan kenyamanan peserta MJM 2023, Bank Mandiri juga bekerjasama dengan PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS) untuk memberikan perlindungan asuransi kecelakaan diri. Manfaat pertanggungan asuransi merupakan wujud fokus Kumpulan Mandiri dalam memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat.

Antara lain berupa manfaat perlindungan senilai Rp160 miliar untuk 8.000 peserta serta manfaat penggantian biaya pengobatan jika terjadi risiko selama Mandiri Jogja Marathon 2023. Dengan memberikan perlindungan kepada peserta, Bank Mandiri berharap seluruh peserta fokus pada memberikan yang terbaik karena mereka terlindungi dari resiko kecelakaan.

“Komitmen dukungan Kumpulan Mandiri diberikan sebagai bentuk kepercayaan kami kepada para peserta dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat termasuk Pemerintah Daerah DIY untuk menghasilkan pesta olahraga terbaik dan teraman,” tambah Ricky.

Wujud Peduli Lingkungan dan UKM

Tidak berhenti sampai di situ, sebagai konsistensi dalam mengobarkan semangat pembangunan berkelanjutan. Bank Mandiri juga telah melakukan perbaikan dan renovasi di beberapa titik yang akan menjadi jalur peserta MJM 2023 mulai dari jalur Fun Run (5 Km) hingga jalur Marathon (42 Km).

“Ini sebagai bentuk konsistensi kami, sejak berdiri tahun 2017, Bank Mandiri aktif melakukan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), terutama dalam hal perbaikan jalan yang menjadi jalur peserta,” ujarnya.

Pejabat (Pejabat) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Yogyakarta mengungkapkan, untuk menarik minat pariwisata, pihaknya juga melibatkan beberapa pedagang UKM lokal untuk mengikuti kompetisi marathon ini. .

“Kami tidak hanya ingin melibatkan para peserta, tetapi juga ingin memperkenalkan kembali kearifan dan budaya lokal Yogyakarta kepada wisatawan, penonton dan pihak lainnya untuk ikut memeriahkan Mandiri Jogja Marathon tahun ini,” jelasnya.

Singgih juga menambahkan, Pemda DIY dan Bank Mandiri juga bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat antara lain sekolah, sanggar komunitas seni, dan UKM untuk berperan aktif. Ikon MJM antara lain adalah pentas seni oleh Punakawan, Rama & Sinta dan Rahwana & Hanuman.

Tidak hanya itu, masyarakat dan peserta juga dapat merasakan wisata kuliner ala Yogyakarta yang tersedia di Race Village yang dapat dinikmati setelah lelah berlari.

Untuk memudahkan transaksi, Bank Mandiri juga telah menyediakan jaringan pembayaran nontunai untuk memudahkan transaksi. Hal ini juga merupakan upaya Bank Mandiri untuk meningkatkan literasi keuangan dan inklusi masyarakat.

“Kami telah bekerjasama dengan puluhan pedagang makanan dan minuman yang mengikuti acara ini. Tidak hanya itu, peserta juga dapat merasakan kemudahan bertransaksi melalui layanan perbankan digital Bank Mandiri,” lanjut Ricky.

Sehubungan dengan itu, Direktur iSport Race Pandu Bagus Buntaran mengatakan, sebagai tim penyelenggara, pihaknya berkomitmen untuk mendukung acara ini dalam mempromosikan pengembangan ekowisata di Indonesia. Apalagi Yogyakarta menjadi tujuan wisata utama saat ini.

“Tahun 2023, Mandiri Jogja Marathon dengan kategori Marathon, Half Marathon dan 10K telah mendapatkan sertifikasi dari AIMS (Asosiasi International Marathon and Distance Races), sebagai bukti keseriusan Bank Mandiri dalam mengembangkan olahraga atletik di Indonesia. Oleh karena itu, jalur Jogja Marathon diakui oleh Atletik Dunia,” jelasnya.

Panggung utama MJM 2023 yang berlokasi di kawasan Candi Prambanan, lanjut Pandu, juga akan dimeriahkan oleh berbagai artis papan atas. Mulai dari penampilan panggung Andrea Lee, RAN, dan juga Shaggydog yang siap menghibur para peserta MJM 2023.