Band T’Koes Tak Bakal Nyanyikan Lagu Koes Plus Lagi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Band T’Koes pun langsung merespons larangan keluarga Koes Plus untuk menyanyikan ulang karya Yon Koeswoyo dan rekan-rekannya.

Mereka memastikan tak lagi membawakan lagu-lagu Koes Plus sejak pelarangan diumumkan.

Koes Bersaudara/Koes Plus (khusus)

“Kami sudah menyatakan menerima larangan tersebut,” kata manajer band T’Koes, Wati dalam jumpa pers di kawasan Ampera, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Bahkan, T’Koes belum mengetahui secara pasti alasan mereka dilarang membawakan karya Koes Plus. Sejak saat itu mereka patuh membayar royalti kepada keluarga besar Koes Plus.

“Kami selalu patuh pada royalti. Tidak ada pembahasan perdebatan dengan royalti,” kata pengacara T’Koes, Marulam Hutauruk.

Larangan tersebut diduga muncul menyusul adanya postingan pendiri T’Koes, Agusta Marzall, sedang ngobrol dengan purnawirawan TNI di Facebook.

Saat itu Agusta dan anggota T’Koes tampak membenarkan ucapan salah satu purnawirawan TNI yang dituduh mencemarkan nama baik Koes Plus.

Spontan dia bilang, ‘Jangan seperti Koes Plus. Anak itu seperti aset’, jelas Agusta Marzall.

“Iya, kami tidak terlalu jelas dengan apa yang disampaikannya. Namun, sebagai junior, kami menghormati senior kami ketika berbicara. Kami hanya menerima nasehat, makanya kami spontan mengiyakan,” lanjutnya.

Band T'Koes [Instagram/tkoes_ig]
Band T’Koes [Instagram/tkoes_ig]

Namun pada akhirnya T’Koes tetap dengan senang hati menerima larangan menampilkan kembali karya Koes Plus dengan alasan apapun. Mereka berdalih tak ingin menimbulkan masalah pada keluarga besar salah satu band legendaris Tanah Air tersebut.

“Kami ingin dunia seni dan musik di Indonesia baik-baik saja. Tidak perlu ada yang merasa buruk,” kata Marulam Hutauruk.

T’Koes pun menegaskan akan terus menghormati Koes Plus sebagai teladan dalam berkarya. Bahkan kepada keluarga yang mengeluarkan larangan tersebut, mereka menyatakan tidak akan dirugikan atau kecewa dengan kebijakan tersebut.

“T’Koes tetap menerima Koes Plus dan ahli warisnya,” kata Marulam Hutauruk.

Sebelumnya diberitakan, keluarga Koes Plus mengumumkan larangan grup T’Koes untuk menampilkan karya Koes Plus lagi.

Pernyataan tersebut dilontarkan anak personel Koes Plus dan diunggah dalam bentuk video di akun TikTok Damon Koeswoyo, Jumat (22/9/2023).