Aksi Heroik MUA Yulia Maria Bantu Persalinan di Pesawat, Begini Kronologinya – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Seorang make-up artist (MUA), Yulia Maria memutuskan untuk membantu seorang ibu yang melahirkan di pesawat. Meski perempuan asal Malang, Jawa Timur ini tidak memiliki pengetahuan dasar tentang kebidanan.

Kejadian ini bermula saat Yulia Maria menaiki penerbangan Pelita Air dari Jakarta menuju Surabaya, Selasa (27/6/2023). Di tengah perjalanan, seorang pramugari kemudian meminta bantuan medis.

Bantuan ini untuk membantu para ibu yang melahirkan di pesawat. Tetapi dalam situasi itu, tidak ada yang membantu.

Saat itu, Yulia Maria yang duduk di kursi depan tergerak untuk membantu. Terlepas dari kondisi medisnya, ia mendatangi punggung ibu yang akan melahirkan.

“Karena saya lihat tidak ada tim medis yang membantu. Yang ada hanya pramugari dan ibu penumpang,” kata Yulia Maria dalam video yang dikutip dari kanal YouTube berita TVONE, Jumat (30/6/2023).

Yulia Maria berlari kembali dan melihat kondisi ibunya. “Saya lihat, bayinya lahir dan digendong oleh ibu-ibu yang panik, ‘gimana ini, gimana?’

Yulia Maria bertindak cepat dengan membantu sang ibu dan bayinya. Dalam keadaan itu, tali pusat belum lepas dari plasenta.

Dengan cepat, Yulia Maria menggunakan peralatan seadanya di pesawat. Beruntung kotak P3K cukup baginya untuk memotong tali pusar.

“Ada gunting yang masih steril. Saya cari tali pusarnya tapi tidak ada, lalu saya pakai pita untuk mengikat tali pusarnya dan saya potong,” ujarnya.

“Alhamdulillah bayinya saya bersihkan, saya kasih selimut,” tambah Yulia Maria.

Yulia Maria tidak memiliki latar belakang kebidanan. Namun, ada kerabat yang bekerja sebagai bidan.

Selain itu, Yulia Maria juga pernah menonton film tentang persalinan. Berbekal hal tersebut, ia pun berani membantu ibu-ibu yang melahirkan di pesawat.