Ada Dosa Riba di Penukaran Uang Baru, Taqy Malik Kasih Solusi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sejumlah tradisi mengiringi perayaan Idul Fitri di Indonesia. Salah satunya adalah memberikan uang jajan kepada sanak saudara saat menjalin silaturahmi.

Oleh karena itu, jasa penukaran uang marak di pinggir jalan menjelang Hari Raya. Melihat fenomena tersebut, Taqy Malik mengingatkannya tentang dosa riba.

“Hati-hati dalam bertransaksi, karena dalam Islam akad sangat berpengaruh,” ujar Taqy Malik dalam video yang dibagikannya, Kamis (20/4/2023).

Dalam transaksi penukaran uang biasanya akan ada diskon dari pihak penyedia jasa. Seperti yang dicontohkan Taqy Malik, uang 100 ribu hanya akan ditukar dengan uang 9 10 ribu.

“Di mana 10 ribu itu? Katanya itu jasa. Dalam Islam, hukumnya riba. Riba itu dosa besar,” kata mantan suami Salmafina, Sunan.

Meski begitu, Taqy Malik sekaligus memberikan solusi. Alih-alih menolak langsung, Taqy Malik meminta pembayaran disiapkan dengan uang lain.

“Karena kalau langsung dipotong, jumlahnya tidak sesuai dengan uang pertama, maka dosa ribanya gugur,” kata pria berusia 25 tahun itu.

“Alhamdulillah, semakin banyak orang yang memahami perbedaan antara riba dan jasa. Itu semua tergantung akad,” komentar akun @wegig*** di postingan Taqy Malik.

“Hal ini seharusnya sudah menjadi rahasia umum, alhamdulillah sudah dijelaskan sehingga yang mengganggu tidak banyak alibi,” balas akun @kaniip***.

Kontributor: Neressa Prahastiwi