5 Fakta Sentilan Duta Sheila on 7 di Konser WTF 2023 Singgung Aksi Kontroversi The 1975 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Penampilan band Sheila On 7 di panggung We The Fest (WTF), Minggu (23/7/2023), menarik perhatian. Video tersebut menampilkan vokalis Duta Sheila On 7 yang mengatakan, “Kami adalah Sheila di f**king 75; namanya saja patch band,” di atas panggung banyak beredar di dunia maya.

Di Twitter, video tersebut bahkan sempat menjadi trending karena dibicarakan oleh 4.700 orang. Berikut lima fakta Dubes Sheila pada pidato ke-7 di panggung We The Fest 2023.

1. Berlawanan dengan The 1975, yang dibatalkan

Sentimen Duta Besar Sheila pada 7 bukan tanpa alasan. Pengumuman penampilan S07 di WTF 2023 diumumkan oleh Ismaya Live selaku penyelenggara tepat di D. Hal itu karena penampil utama The 1975 dibatalkan pada hari itu.

Sheila on 7 didapuk menjadi band pengganti. Namun, band asal Yogyakarta ini tak ingin mengecewakan penonton meski berstatus sebagai “patch band”. Panggung WTF diramaikan dengan beberapa hits seperti Kami, Film Favorit, dan Hari Bersamanya.

2. Kontroversi Vokalis LGBTQ 1975

Pembatalan penampilan The 1975 disebut-sebut disebabkan oleh kontroversi vokalis Matty Healy mencium bassisnya, Ross MacDonald, di Malaysia. Matty Healy mencium Ross MacDonald saat konser Good Vibes di Kuala Lumpur. Tindakan ini dianggap sebagai tindakan pro-LGBTQ oleh kelompok tersebut.

Padahal hukum Malaysia menyatakan homoseksualitas adalah tindakan kriminal. Konser itu dibubarkan penegak hukum, Jumat (21/7/2023) atau dua hari sebelum The 1975 dijadwalkan berkunjung ke Indonesia.

Sebelumnya, Healy juga mengkritik pemerintah Malaysia. Setelah kejadian ini, The 1975 mengumumkan bahwa mereka juga akan membatalkan penampilan mereka di konser WTF di Indonesia dan konser lainnya di Taiwan.

3. Lelucon “Nanti Dubes Kiss Adam”.

Kisah di balik batalnya penampilan The 1975 di WTF yang sejatinya menjadi berkah bagi Sheila on 7, diramu Duta sebagai guyonan di atas panggung. “Tadi ada yang nanya ke saya kalau nanti Dubes cium Adam,” kata Dubes di atas panggung yang langsung disambut gelak tawa hadirin.

Perkataan Duta cium pemain bas, Adam diduga mengacu pada kelakuan vokalis The 1975 yang juga mencium pemain bas sehingga grup tersebut batal tampil di Indonesia.

4. Penonton Meminta “Jika Kamu Tidak Di Sampingku”

Di tengah konser, para penggemar Sheila on 7 menanyakan lagu band favorit mereka. Duta pun berteriak setelah mendengar gelar dilempar dari barisan depan penonton.

“Mas, mas, tanya ‘kalau kamu bukan di sampingku’, tapi laki-laki itu yang nanya,” kata Dubes. Usai melantunkan syair tersebut, Sheila on 7 membuka panggung dengan lagu How Deserved.

5. Nyanyikan total sembilan lagu, tidak ribet dan tidak menantang

Sheila on 7 menyanyikan total sembilan lagu dalam konser yang berlangsung di Kompleks Olahraga GBK tersebut. Band ini tetap memecah suasana panggung dengan statusnya sebagai band pengganti.

Gitaris Eros bahkan meneriakkan WTF sebagai pekerjaan dadakan bahwa ia baru saja membeli pakaian untuk manggungnya dari toko. Profesionalitas inilah yang membuat Sheila on 7 menyebut dirinya band yang tidak rumit dan tidak menantang.

Demikian kata-kata Duta Besar Sheila pada pidato ke-7 yang disampaikan di panggung WTF 2023, Minggu (23/7/2023).

Kontributor: Nadia Lutfiana Mawarni