10 Ribu Nasabah dan 150 UMKM Hadiri Pesta Rakyat Simpedes BRI di Jawa Timur – Berita Jatim

by
10 Ribu Nasabah dan 150 UMKM Hadiri Pesta Rakyat Simpedes BRI di Jawa Timur

Pahami.id – Melanjutkan upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM), BRI menghadirkan Partai Rakyat Simpedes (PRS) di Pandaan, Jawa Timur.

Menjadi PRS besar ketiga pada tahun ini setelah sebelumnya dilaksanakan di kota Yogyakarta dan Bandung, kegiatan ini berlangsung meriah bersama masyarakat Pandaan dan sekitarnya.

Menghadirkan lebih dari 150 UMKM unggulan di Jawa Timur binaan BRI, acara ini juga dihadiri lebih dari 10.000 nasabah BRI Grup dan masyarakat umum, serta ratusan komunitas pegiat budaya Jawa Timur.

Acara yang diselenggarakan oleh Tabungan BRI Simpedes ini mengusung tema “Pede Rebut Peluang” yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 Agustus 2023 di Taman Candra Wilwatika, Pandaan.

Kegiatan PRS ini semakin meriah dengan hadirnya banyak bintang tamu dari Via Vallen, Inul Daratista, Slank, Repvblik.

Selain itu, kegiatan ini menghadirkan beragam diskon dan pilihan produk UKM unggulan, beragam jajanan kuliner, pemeriksaan kesehatan dan sembako gratis, edukasi bisnis dan literasi digital, wahana dan kompetisi e-sport, hadiah panen, dan berbagai hiburan lainnya.

Festival Rakyat BRI Simpedes 2023 sendiri akan berlangsung pada Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia. Acara tersebut akan disiarkan langsung di channel YouTube BRI dan disiarkan di Kompas TV.

Terkait kegiatan ini, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, PRS sudah menjadi komitmen BRI dalam mendukung UKM di Indonesia. “Acara PRS telah rutin dilakukan di beberapa kota untuk memajukan UKM unggulan di daerahnya masing-masing. Tentu saja hal ini sejalan dengan komitmen PRS yang mengajak seluruh pelaku UKM untuk lebih percaya diri dalam menangkap peluang sehingga mampu menangkap peluang di segala bidang usaha,” ujarnya.

Selain menghadirkan berbagai hiburan, berbagai program dilakukan dalam kegiatan ini untuk memberdayakan UKM, literasi digital, memberikan layanan perbankan kepada nasabah.

Sementara itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang turut hadir dalam upacara tersebut mengapresiasi peran BRI dalam mendukung perekonomian daerah. “Acara ini merupakan kolaborasi penting antara instansi pemerintah dan lembaga keuangan seperti BRI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Irsyad.

Dalam PRS Pandaan 2023, komitmen BRI dalam pemberdayaan UKM diwujudkan salah satunya melalui program bincang edukasi kelas UMKM. Acara bincang-bincang tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada para pelaku UKM agar dapat berkembang lebih pesat.

Jenjang pendidikan Kelas UMKM hadir dengan dua tema utama yaitu, “Kembangkan Bisnis Anda dan Hasilkan Produk yang Anda Cintai” dan “Posisi Merek dan Penciptaan Konten Dasar”. Dengan diadakannya kelas UMKM ini diharapkan dapat memberdayakan para pelaku UMKM serta membekali mereka dengan ilmu dan sumber daya untuk mencapai kesuksesan di dunia usaha.

Tak hanya itu, PRS Pandaan 2023 juga dimeriahkan dengan serangkaian acara menarik. Pada hari pertama, PRS diawali dengan agenda parade seni dan budaya yang diikuti lebih dari 500 peserta meliputi parade jalan kaki, parade busana, reog dan jaranan, majapahitan serta parade budaya antar desa.

Lalu ada area Pasar yang merupakan kegiatan bazar para peserta UMKM yang menjual produk-produk unggulan khas Kota Pandaan. Area bazar ini menjadi rujukan kegiatan digitalisasi keuangan dalam mengubah kebiasaan nasabah dari menggunakan uang tunai menjadi non-tunai melalui aplikasi BRImo. Diharapkan pelanggan dapat terbiasa menggunakan aplikasi dengan fitur-fiturnya.

Selain itu, kegiatan Harvest merupakan pengundian berhadiah mewah berupa uang tunai jutaan rupiah yang dapat diikuti oleh seluruh pengunjung sekaligus pengumuman pemenang pengundian doorprize.

PRS BRI 2023 juga memberikan ruang untuk kegiatan hiburan melalui X’Sis Corner yang diisi dengan kegiatan mural hasil kolaborasi seniman lokal, Festival Durian, dan berbagai kegiatan lainnya melalui kegiatan X’Sis Corner.

Wujud kepedulian sosial BRI juga hadir melalui booth BRI Peduli yang dapat dikunjungi pengunjung selama acara PRS berlangsung.

Dengan membayar Rp1 melalui aplikasi BRImo, pengunjung dapat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, mendonor darah, sembako gratis, dan menukarkan sampah plastik secara gratis dengan voucher ratusan ribu rupiah.