10 Poin Klarifikasi Jusuf Hamka Terkait Skandal Adiknya yang Nikahi Sesama Perempuan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ida Susanti viral mengaku menikahi perempuan yang disebut-sebut merupakan adik Jusuf Hamka, Nera Maria Suhaimi Joseph.

Ida kini melaporkan ‘suaminya’ yang berganti nama menjadi Nardinata Marshioni Suhaimi sebagai pria yang diduga melakukan kekerasan seksual.

Klarifikasi Jusuf Hamka Penting. (Instagram/@jusufhamka)

Jusuf Hamka akhirnya muncul di podcast Denny Sumargo pada Minggu (8/10/2023) setelah namanya ikut terseret dalam kasus Ida Susanti.

Benarkah Nera atau Nardinata adalah adik Jusuf Hamka? Simak penjelasan Jusuf Hamka berikut ini!

1. Jusuf Hamka mengaku tidak mengenal dan belum pernah bertemu Ida Susanti. Ia juga tidak pernah terlibat dalam pernikahan Ida Susanti dan Nardinata atau adiknya Nera.

2. Sejak memeluk Islam, Jusuf Hamka dikucilkan oleh keluarganya sendiri. Meski tak menampik darah Tionghoa orang tuanya, Jusuf Hamka tak begitu mengetahui siapa saja anggota keluarganya.

Klarifikasi Jusuf Hamka Penting.  (Instagram/@jusufhamka)
Klarifikasi Jusuf Hamka Penting. (Instagram/@jusufhamka)

3. Jusuf Hamka juga mengoreksi pernyataan Ida Susanti tentang orang tuanya. Jusuf Hamka menjelaskan, orang tuanya dimakamkan di Gunung Gadung, Bogor, bukan dibakar seperti yang diketahui Ida Susanti dari Nera.

4. Jusuf Hamka merasa prihatin setelah mengetahui kejadian yang menimpa Ida Susanti. Karena itu, Jusuf Hamka menolak menempuh jalur hukum demi memperbaiki nama baiknya menyusul perbuatan Ida Susanti yang ingin kasusnya viral.

5. Dituding ikut campur dalam kasus yang dilaporkan Ida Susanti, Jusuf Hamka berani bertaruh Rp 10 miliar. Jusuf Hamka akan memberikan uang sebesar itu jika Ida bisa membuktikan dirinya terlibat membela adiknya.

6. Jusuf Hamka mendukung Ida Susanti untuk mengadili adiknya Nera jika bersalah. Berusaha netral, Jusuf Hamka tak mau menyalahkan Ida Susanti.

Klarifikasi Jusuf Hamka Penting.  (Instagram/@jusufhamka)
Klarifikasi Jusuf Hamka Penting. (Instagram/@jusufhamka)

7. Saat ditanya apakah Nera adalah adiknya, Jusuf Hamka membenarkan bahwa ia memiliki banyak saudara. Namun Jusuf Hamka belum begitu mengenal saudara-saudaranya, terutama neneknya, Ida Susanti, yang merupakan salah satu dari lima istri Johanes.

8. Bukan tanpa alasan Jusuf Hamka tidak mengenal keluarganya karena dikucilkan sejak masuk Islam. Jusuf Hamka diketahui memeluk Islam saat berusia 23 tahun, sekitar tahun 1981.

9. Terakhir kali Jusuf Hamka berhubungan dengan Nera adalah sekitar tiga tahun lalu, sekitar tahun 2020. Kabar ini juga diketahui dari Sari Putra, adik Jusuf Hamka yang bersentuhan langsung dengan Nera.

Klarifikasi Jusuf Hamka Penting.  (Instagram/@jusufhamka)
Klarifikasi Jusuf Hamka Penting. (Instagram/@jusufhamka)

10. Tegasnya, Jusuf Hamka tidak akan mencampuri laporan Ida Susanti kepada Nera baik lewat kata-kata maupun uang. Ia mendukung Nera dihukum sesuai perbuatannya yang dilaporkan Ida Susanti ke pihak berwajib.

Itulah sederet penjelasan Jusuf Hamka yang namanya terseret sebagai saudara perempuan yang viral terkait kasus pernikahan sesama jenis yang diakui Ida Susanti. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi