10 Artis Lulusan Pondok Pesantren, Ada yang Berdakwah Lewat Karya – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Selain itu, pesantren modern umumnya memiliki konsep loji. Itu pula yang membuat banyak orang menyekolahkan anaknya ke pesantren.

Ternyata cukup banyak artis lulusan pesantren. Bahkan ada yang belajar di salah satu sekolah besar dan terkenal di negeri ini.

Beberapa dari mereka juga dikenal memiliki suara yang merdu dan indah saat melafalkan ayat-ayat Al Quran. Tidak hanya itu, ada juga yang bekerja sambil berdakwah lewat karya yang mereka ciptakan. Siapa mereka? Ini daftarnya.

1. Dewi persik

Dewi Perssik (Instagram/dewiperssik9)

Pedang Dewi Perssik memiliki suara merdu saat bernyanyi. Namun siapa sangka saat membaca ayat suci Alquran, suara Dewi Perssik juga begitu merdu.

Menelisik kalibrasi masa remaja saat menjadi santriwati di salah satu pesantren di Jember, Jawa Timur. Ia bahkan menjadi guru Al-Quran.

2. Syakir Daulay

Aktor Syakir Daulay berpose di depan kamera saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (23/8/2021). [Pahami.id/Alfian Winanto]
Aktor Syakir Daulay berpose di depan kamera saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (23/8/2021). [Pahami.id/Alfian Winanto]

Kemampuan belajar Syakir Daulay tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya ia kerap mengeluarkan suara merdu dan indah saat syuting. Aktor kelahiran 2002 itu pernah menimba ilmu di Pesantren Darul Quran.

3. Aura Cinta

Potret Aura Kasih Melukat di Bali (Instagram/@aurakasih)
Aura Kasih (Instagram/@aurakasih)

Dekat dengan image seksinya, ternyata Aura Kasih merupakan lulusan salah satu pesantren di Tasikmalaya, Jawa Barat. Artis bernama asli Shahiyani Febri Wiraatmadja ini masuk pesantren setelah tamat SMA.

4. Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo saat keluar dari penjara. [Istimewa]
Vicky Prasetyo saat keluar dari penjara. [Istimewa]

Terkenal dengan segala kontroversi yang digelutinya, Vicky Prasetyo mengenyam pendidikan di pesantren. Tepatnya, Pondok Pesantren As Syafi’iyah Jatiwaringin, Jawa Barat, tempat Vicky belajar agama.

Tak hanya itu, mantan suami Kalina Oktarani ini pandai mempelajari Al Quran dan juga bisa berbahasa Arab dengan baik.

5. Apoy Wali

Apoy Wali [Instagram]
Apoy Wali [Instagram]

Gitaris band Wali, Apoy lulus dari Pondok Pesantren La Tansa di Pandeglang, Banten setelah belajar selama 6 tahun. Setelah menyelesaikan studinya di pesantren, Apoy melanjutkan studinya di UIN Syarif Hidayatullah. Ia mengawali karirnya sebagai pemain band yang membawakan lagu-lagu sarat makna islami.

6. Faank Wali

Vokalis band Wali, Faank tertawa sambil mengenakan kostum singa saat merilis single terbarunya berjudul 'Ondeskrayyy Ngaji (Peekaboo)' dan rekor penjualan CD Multi Platinum untuk album Wali 20.20 di Jakarta Barat, Senin (30/11). [Pahami.id/Alfian Winanto]
Vokalis band Wali, Faank tertawa sambil mengenakan kostum singa saat merilis single terbarunya berjudul ‘Ondeskrayyy Ngaji (Peekaboo)’ dan rekor penjualan CD Multi Platinum untuk album Wali 20.20 di Jakarta Barat, Senin (30/11). [Pahami.id/Alfian Winanto]

Sama seperti Apoy, Faank yang tak lain vokalis Wali ini juga lulusan Pondok Pesantren La Tansa, Banten. Faank melanjutkan studinya di UIN Syarif Hidayatullah. Bersama Wali, Apoy dan Faank serta staf lainnya menyebarkan dakwah melalui lagu-lagu religi yang mereka ciptakan.

7. Andika Kangen Band

Andika Kangen Band [Instagram]
Andika Kangen Band [Instagram]

Penyanyi yang biasa disapa Babang Tamvan, Andika Kangen Band ini rupanya harus mengesampingkan dunia entertainment untuk melanjutkan kuliahnya. Dia masuk pesantren pada tahun 2012 untuk belajar agama. Meski tersandung narkoba dan memiliki banyak tato, hal itu tidak menyurutkan semangat Andika untuk belajar agama.

8. Abidzar Al Ghifari

Abidzar Al Ghifari kontroversial.  (Instagram/@abidzar73)
Abidzar Al Ghifari. (Instagram/@abidzar73)

Putra mendiang Ustaz Jefri Al Buchori, Abidzar Al Ghifari lulusan Pesantren Ulama. Setelah lulus dari Pondok, ia meniti karir sebagai aktor dan telah berakting di beberapa web series dan film.

9.Julia Perez

Artis Pembangunan Masjid.  (instagram/@juliaperrezz)
Julia Perez. (instagram/@juliaperrezz)

Almarhum Julia Perez ternyata juga belajar agama di Pondok Pesantren Al-Ihya, Bogor. Saya tidak menyangka artis yang sering terlihat seksi itu pernah menjadi mahasiswi.

10. Nikita Mirzani

Perjalanan Karier Nikita Mirzani.  (Instagram/@nikitamirzanimawardi_172)
Nikita Mirzani. (Instagram/@nikitamirzanimawardi_172)

Sempat menuai banyak kontroversi dan kerap tampil seksi, Nikita Mirzani rupanya sudah dua tahun menjadi santri di Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur. Ia masuk pesantren setelah menamatkan sekolah dasar dan atas kemauannya sendiri. Nikita juga menyekolahkan putri pertamanya, Meizani, ke pesantren, lho.

Itulah beberapa artis yang lulus dan belajar di pesantren. Berkarir di dunia hiburan yang gemerlap membuat pengalaman mereka sebagai mahasiswa menjadi kurang jelas.

Namun, ada juga yang mengamalkan ilmu agama dari pesantren melalui pekerjaannya. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah