Asal Usul Nenek Moyang Indonesia: Teori Nusantara

Kamu tahu tidak sih, bagaimana asal usul bangsa Indonesia sebelum menjadi bangsa yang sangat beragam seperti sekarang? Terdapat 4 teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Mulai dari yang berasal dari dalam negeri hingga luar negeri.

Sebelumnya kita telah mempelajari asal usul bangsa Indonesia menurut teori Yunan. Pada kesempatan kali ini, kita akan memfokuskan pada pembahasan nenek moyang Indonesia menurut teori Nusantara.

Apa sih, perbedaan antara teori Nusantara ini dengan teori Yunan? Yuk, simak pembahasan berikut ini dengan baik!

Apa Itu Teori Nusantara?

Teori Nusantara sangat berbeda dengan Teori Yunan. Pada teori Yunan, asal usul bangsa Indonesia dipercaya berasal dari luar wilayah Indonesia, yaitu dari Yunan. Sedangkan pada teori Nusantara, para ahli mengemukakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari dalam Indonesia itu sendiri, bukan orang-orang yang bermigrasi ke Indonesia.

Bangsa Melayu telah memiliki peradaban yang besar sejak dulu. Oleh karena itu, beberapa ahli menyimpulkan bahwa hal tersebut dapat terwujud karena bangsa ini telah ada sejak lama di Indonesia.

Beberapa tokoh yang mendukung teori Nusantara di antara lain yaitu Muhammad Yamin, Sutan Takdir Alisjahbana, dan Gorys Keraf.

Bukti Teori Nusantara

Terdapat beberapa bukti yang mendasari adanya teori Nusantara. Yang pertama adanya manusia purba yang berasal dari pulau jawa, yaitu Homo soloensis dan Howo wajakensis. Kedua manusia purba tersebut memiliki kemungkinan untuk menjadi nenek moyang bangsa Melayu di Indonesia.

Selain itu, aspek kebahasaan juga menjadi faktor yang mendukung teori Nusantara ini. Bahasa yang ada di Indonesia memiliki banyak perbedaan dengan bahasa di wilayah Austronesia. Hal itu membuktikan bahwa asal muasal bangsa Indonesia bukanlah bangsa Austronesia.

Kelemahan Teori Nusantara

Meskipun telah banyak bukti yang mendasari teori Nusantara, teori ini masih memiliki kelemahan lho, teman-teman. Para ahli yang mendukung teori lain menemukan beberapa peninggalan yang menguatkan bahwa bangsa kita berasal dari luar Indonesia. Contohnya seperti adanya kesamaan peninggalan perkakas pada masa purba dan migrasi besar-besaran manusia purba ke Indonesia.

Nah, itu dia penjelasan mengenai asal usul bangsa Indonesia berdasarkan teori Nusantara. Masing-masing teori memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jadi, teori mana yang menurutmu lebih tepat?