Asal Usul Bangsa Indonesia: Teori Out of Taiwan

Setelah membahas teori-teori pada artikel sebelumnya, kamu pasti sudah paham mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Tapi, ternyata masih ada satu teori lagi lho, yang membahas awal mula bangsa Indonesia berasal, yaitu teori Out of Taiwan.

Bagaimana sih, asal usul bangsa Indonesia menurut teori ini? Dan apakah teori ini lebih tepat jika kita bandingkan dengan teori-teori sebelumnya? Daripada penasaran, yuk langsung simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Teori Out of Taiwan?

Sesuai dengan namanya, teori Out of Taiwan ini menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Taiwan, atau lebih tepatnya dari wilayah Kepulauan Famosa. Pada tahun 4.500 hingga 3.000 Sebelum Masehi, mereka melakukan migrasi ke Pulau Madagaskar, Pulau Paskah, dan Filipina. 

Setelah menetap di Filipina, orang-orang yang berasal dari Taiwan ini bermigrasi ke Indonesia. Para ahli memperkirakan kedatangan mereka pertama kali ke Indonesia yaitu sekitar tahun 3.500 hingga 2.000 Sebelum Masehi melalui wilayah Sulawesi. 

Bukti Teori Out of Taiwan

Di antara beberapa teori lainnya, teori Out of Taiwan memiliki posisi yang lebih kuat. Hal ini karena para ahli menemukan beberapa bukti yang menguatkan teori ini.

Bukti teori Out of Taiwan yang pertama adalah dari segi bahasa atau linguistik. Bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa daerah di Indonesia termasuk ke dalam rumpun yang sama dengan bahasa-bahasa di Taiwan, yaitu rumpun Austronesia. Oleh karena itu, para ahli menyimpulkan bahwa bangsa dengan rumpun bahasa tersebut berasal dari suatu daerah yang sama, yaitu Kepulauan Formosa, Taiwan.

Selain itu, bukti lain yang mendukung teori ini adalah adanya kesamaan DNA antara orang Indonesia dan Taiwan. Kecocokan  genetika ini telah diteliti pada berbagai etnis di Indonesia. Dengan adanya hal tersebut, maka dapat kita pastikan bahwa bangsa Indonesia dan Taiwan berasal dari nenek moyang yang sama.

Itu tadi penjelasan mengenai asal usul bangsa Indonesia berdasarkan teori Out of Taiwan. Dari keempat teori yang ada, teori ini lah yang paling akurat menurut ahli. Selain itu, para ahli juga telah melakukan penelitian untuk menjawab kekurangan teori Out of Taiwan ini.

Nah, kalau menurut kamu, setelah mempelajari teori-teori ini, teori asal usul bangsa Indonesia manakah yang lebih tepat?