Asal Usul Bangsa Indonesia: Teori Out of Africa

Tahukah kamu kalau ada teori yang menyatakan bahwa semua manusia di bumi berasal dari satu wilayah yang sama? Terdapat suatu teori bernama teori Out of Africa yang menyatakan bahwa nenek moyang kita berasal dari benua Afrika. Lho, kok bisa?

Daripada penasaran, yuk langsung simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Teori Out of Africa?

Teori Out of Africa mengemukakan bahwa nenek moyang manusia, termasuk bangsa Indonesia, berasal dari satu tempat yang sama, yaitu wilayah Africa. Beberapa ahli mempercayai bahwa Afrika menjadi tempat pertama manusia berasal. Wilayah-wilayah Afrika yang menjadi tempat asal nenek moyang kita di antara lain yaitu Somalia, Ethiopia, dan Djibouti.

Perpindahan manusia dari Afrika ke Indonesia dipengaruhi oleh adanya letusan gunung merapi yang menutupi langit bumi, sehingga banyak tumbuhan dan hewan yang mati. Matinya sumber makanan tersebut menyebabkan terjadinya bencana kelaparan di Afrika. Oleh karena itu, mereka mulai mencari sumber makanan lain dengan bermigrasi keluar Afrika. 

Mereka bermigrasi melalui benua-benua dan lautan yang saat itu tidak terlalu dalam. Manusia purba yang ada pada teori Out of Africa ini memiliki beberapa ciri khas. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Hidup dengan berburu dan meramu
  • Mampu merakit perahu, sehingga sudah mulai berlayar
  • Memahami rasi bintang
  • Hidup berpindah atau nomaden
  • Ahli menggunakan kayu dan bambu

Bukti Teori Out of Africa

Beberapa ahli mengemukakan bukti-bukti pendukung kebenaran Teori Out of Africa. Salah satu buktinya adalah ditemukannya bukti migrasi berupa fosil manusia purba yang berasal dari Afrika di Danau Mungo, Australia.

Dengan temuan fosil tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa migrasi dari Afrika menuju Australia dan Asia, termasuk Indonesia, ini memang benar terjadi.

Kelemahan Teori Out of Africa

Penemuan fosil di wilayah Australia masih belum cukup membuat teori ini akurat. Masih banyak ahli yang meragukan kebenaran teori ini. Faktor genetika menjadi salah satu kelemahan teori Out of Africa.

Meskipun terdapat kelebihan teori Out of Africa ini kesamaan unsur genetika antara beberapa manusia di Asia dengan manusia purba dari Afrika, sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia purba di Pulau Jawa tidak memiliki DNA yang cocok dengan manusia purba yang berasal dari Afrika.

Nah, itu dia penjelasan mengenai asal usul bangsa Indonesia berdasarkan teori Out of Africa. Kebenaran dan keakuratan teori ini semakin melemah karena banyaknya teori asal mula manusia baru yang muncul. Kalau menurutmu, apakah benar bangsa Indonesia berasal dari Afrika?