Uji Coba Sampai Enam Pemain akan Dipulangkan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSSI mengumumkan 29 pemainnya akan mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Turki untuk persiapan Piala Asia 2023. Lantas, apa agenda skuad Garuda selama di sana?

Awalnya, jumlah pemain untuk TC di Turki sebanyak 30 orang. Namun, gelandang Persib Bandung Rachmat Irianto mengalami cedera yang membuatnya harus diturunkan tanpa ada penggantinya.

Tim besutan Shin Tae-yong akan berangkat ke Turki, Rabu (20/12/2023). Kabarnya, seluruh pemain yang berlaga di BRI Liga 1 sudah berkumpul agar bisa berjalan bersama.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat ditemui pada acara pembukaan turnamen Nusantara Open 2023 di kawasan Bekasi, Kamis (14/12/2023). (Sura.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Pemain yang bermain di BRI Liga 1 semua bisa berkumpul karena kompetisi dihentikan sementara hingga awal Februari 2024, kata Sumardji seperti dilansir situs PSSI, Selasa (19/12/2023).

Sumardji menjelaskan Timnas Indonesia tidak hanya sekedar berlatih di Türkiye. Ada dua persidangan terhadap Libya yang dijadwalkan.

Lalu, ada laga persahabatan melawan Iran yang kemungkinan besar akan berlangsung di Qatar, lokasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan menjalani serangkaian uji coba, pada 2 dan 5 Januari 2024 melawan Libya di Antalya, Turki. Kemudian pada 9 Januari melawan Iran di Qatar, di tempat latihan Iran, pukul 20.30, lanjutnya.

Dari nama-nama yang dipanggil, tidak banyak perubahan dari skuad Kualifikasi Piala Dunia 2026. Nama terbaru adalah Justin Hubner yang baru menjadi WNI melalui naturalisasi.

Belakangan, Marcelino Ferdinand dan Ivar Jenner kembali ke tim. Sebelumnya, keduanya tidak mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena cedera.

Beberapa pemain yang dipanggil sebelumnya pernah mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2024 di Irak dan Filipina, jelas Sumardji.

Nama baru Justin Hubner yang sudah berkewarganegaraan Indonesia langsung dipanggil. Hanya Rachmat Irianto yang cedera dan tidak ada penggantinya, tutupnya.

Piala Asia 2023 berlangsung 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam.