Timnas Indonesia Masih Terlalu Kuat untuk Brunei Darussalam, Berikut Catatan Impresif Garuda atas Pasukan Lebah – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Dominasi Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam terus berlanjut usai memenangi leg pertama babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar di Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Kamis sore WIB, Timnas Indonesia menang meyakinkan dengan enam gol tak terbalas.

Pesepakbola timnas Indonesia Rizky Ridho melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang timnas Brunei pada laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.

Gol kemenangan skuad Garuda dicetak Dimas Drajad (7′,72′,90+2), Rizky Ridho (12′), Ramadhan Sananta (63′,67′).

Kemenangan ini menambah rekor kemenangan Indonesia atas Brunei. Tercatat, skuad Garuda saat ini sudah delapan kali mengalahkan tim berjuluk tim Lebah dari 12 pertemuan.

Sebelum berlaga di SUGBK, Indonesia mendominasi Brunei dalam 11 pertandingan dengan hasil tujuh kemenangan, dua kali imbang, dan dua kali kalah.

Dua kekalahan Indonesia melawan Brunei terjadi di Piala Merlion dan Pesta Olahraga Merdeka. Pada ajang Piala Merlion 5 Desember 1983, Tim Merah Putih kalah tipis 1-0. Begitu pula pada Pesta Olahraga Kemerdekaan 4 Maret 1990 atau 33 tahun lalu, Skuad Garuda juga kalah 1-0.

Dari delapan kemenangan atas Brunei, Indonesia di antaranya meraih hasil gemilang dengan mencetak lebih dari tiga gol. Seperti SEA Games 1977 (4-0), SEA Games 1989 (6-0), laga persahabatan 2012 (5-0), dan Piala AFF 2022 dengan tujuh gol tak terjawab.

Kemenangan 7-0 di Piala AFF 2022 sendiri terjadi di bawah asuhan pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong. Dengan kata lain, kemenangan 6-0 di SUGBK, Kamis malam, merupakan kemenangan kedua pelatih asal Korea Selatan itu atas Brunei bersama skuad Garuda.

Pada laga selanjutnya, Indonesia akan dijamu oleh Brunei Darussalam pada laga kedua yang digelar di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah pada 17 Oktober mendatang.

Jika berhasil menyingkirkan Brunei, Indonesia akan melaju ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di mana tim besutan Shin Tae-yong akan menantikan Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F.