Timnas Indonesia Dipastikan Masuk Grup Neraka Piala Dunia U-17 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kanal YouTube IDN Printgol baru-baru ini mengunggah video tentang para kandidat menghadapi Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Kabarnya Indonesia pasti masuk grup neraka.

“Dikonfirmasi di Grup Neraka dengan Grup Utama Juara! Kandidat lawan Indonesia di Piala Dunia U-17,” demikian judul yang digunakan kanal YouTube IDN Printgol melalui video yang diunggah pada Selasa (27/6/2023).

Timnas Indonesia U-17 (pssi.org)

Lalu, apa saja fakta sebenarnya? Benarkah Timnas U-17 Indonesia dipastikan masuk grup neraka dan menjadi pilihan utama Piala Dunia U-17 2023? Selanjutnya, Bolatimes.com menyajikan cek fakta.

PENJELASAN

Menilik detail video berdurasi 8:53 menit itu, pembahasan lawan Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023 baru dimulai pada menit 2:50.

Dalam penjelasan narator video tersebut, penentuan pembagian pot draw Piala Dunia U-17 2023 akan disesuaikan dengan peringkat FIFA negara peserta.

Bahkan, mereka sudah memberikan gambaran negara-negara yang nantinya akan bergabung di pot satu, dua, tiga, hingga empat. Untuk pot pertama ada Indonesia, Argentina, Perancis, Brazil, Inggris dan Spanyol.

“Kemudian, pembagian pot akan didasarkan pada peringkat FIFA terbaru pada Agustus saat pengundian berlangsung. Dengan sisa waktu pemungutan suara kurang dari dua bulan, peringkat FIFA seharusnya tidak banyak berubah,” kata narasi dalam video tersebut.

“Jadi, hampir bisa dipastikan pot pertama akan ditempati oleh Argentina, Prancis, Brasil, Inggris, dan Spanyol. Sedangkan pot kedua ditempati Maroko, Amerika, Jerman, Meksiko, Senegal, dan Jepang.”

Pot ketiga diperkuat Polandia, Kanada, Ekuador, Venezuela, Iran, dan Korea Selatan. Pot keempat ditempati beberapa negara yang tidak terlalu kuat, yakni Uzbekistan, Mali, Burkina Faso, dan Panama.”

Bahkan hingga saat ini FIFA belum menentukan pembagian pot untuk pengundian grup Piala Dunia U-17 2023. Selain itu, pembagian pot juga tidak akan disesuaikan dengan ranking FIFA.

Pasalnya, koefisien yang akan digunakan untuk menentukan pot didasarkan pada performa masing-masing negara di turnamen Piala Dunia U-17 sebelumnya.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa informasi yang disebarkan oleh channel YouTube IDN Printgol adalah tidak benar.

Pasalnya, hingga saat ini FIFA belum merilis koefisien perhitungan penentuan pot undian Piala Dunia U-17 2023. Tak hanya itu, kanal YouTube ini juga menyajikan informasi yang kurang akurat mengenai penentuan pot pada babak pengundian.

[Penulis: Muh Faiz Alfarizie]