Termasuk Shin Tae-yong, Korea Selatan Punya 4 Calon Kandidat Pelatih Baru – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tengah menjadi sorotan sebagai salah satu kandidat potensial untuk menangani timnas Korea Selatan. Kabar ini menyebar melalui media Korea Selatan, Berita1.

Meski hanya berstatus kandidat, Shin Tae-yong merupakan sosok yang dinilai punya kemungkinan paling besar untuk memimpin tim bernama Taeguk Warriors.

Saat ini, pelatih yang paling diharapkan menangani skuad beranggotakan pemain seperti Son Heung-min adalah Hong Myung-bo.

Baca juga: Ganti Posisi dan Jadi Kapten, Justin Hubner Antar Wolves U-21 Raih Kemenangan Besar Lawan West Brom

Rumor tersebut menimbulkan antisipasi dan spekulasi di kalangan pecinta sepak bola, sekaligus menumbuhkan harapan dan ekspektasi terhadap potensi peran Shin Tae-yong dalam mengembangkan prestasi timnas Korea Selatan.

Waktu akan menjawab apakah pelatih berpengalaman ini benar-benar akan mengambil alih tugas kepelatihan timnas Korea Selatan atau tidak.

“Meskipun Hong Myung-bo tampaknya menjadi pilihan yang paling mungkin, panitia seleksi menekankan delapan persyaratan penting, termasuk kemampuan taktis dan kepemimpinan, mengingat tanggung jawabnya sebagai manajer aktif,” lapornya. Berita1.

Timnas Korea Selatan merayakan kemenangannya atas Arab Saudi pada laga Piala Asia 2023 di Education City Stadium di Al Rayyan, Qatar, Rabu (31/1/2024) dini hari WIB. [Giuseppe CACACE / AFP]

Ketua Komite Penguatan Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) mengisyaratkan prioritas mereka bukan pada pelatih asing.

“Kami memberikan kesempatan kepada seluruh pelatih, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk menduduki posisi pelatih timnas.

“Setelah keputusan pertemuan hari ini, keputusan kami adalah memilih pelatih domestik,” kata Jeong.

Baca juga: Hokky Caraka Ikuti Keinginan Pelatih Tak Gabung Timnas U-23 Indonesia Meski Ingin

Berdasarkan kriteria tersebut, kemungkinan calon pelatih antara lain Hong Myung-bo, Hwang Seon-hong, Choi Yong-soo, dan Shin Tae-yong, seperti dilansir Berita1.

Kontrak Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia berakhir pada 30 Juni 2024, dengan jadwal penugasan melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret 2024, dan memimpin timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada bulan April-Mei 2024.

Sedangkan Korea Selatan yang saat ini tanpa pelatih kepala pasca pemecatan Jurgen Klinsmann akan menghadapi Thailand pada Maret 2024.

Pemecatan Klinsmann terjadi setelah Korea Selatan tersingkir di semifinal Piala Asia 2023 karena kalah 2-0 dari Yordania.

Kontributor: Imadudin Robani Adam