Berita Kita Tunggu Mobil Merek Indonesia

by


Jakarta, Pahami.id

Calon presiden nomor urut 3 pada Pilpres 2024 Hadiahi Pranowo terlihat menghadiri pameran otomotif tahunan, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (22/2).

Ia terlihat mengunjungi beberapa bengkel mobil di sana, mulai dari merek Jepang seperti Mistubishi dan Suzuki hingga mobil China seperti Chery dan BYD.

Kepada wartawan di lokasi, Ganjar mengajak semua orang untuk menunggu mobil dari atau merek Indonesia di pameran otomotif tahunan tersebut.


Hal itu dijawabnya saat ditanya soal serbuan mobil buatan China di IIMS 2024. Ganjar mengatakan pameran tersebut memang bisa diisi berbagai merek atau pabrikan mobil dari seluruh dunia. Namun, akunya, ia berharap ke depan ada merek mobil asal Indonesia yang ikut pameran.

“Tidak (hanya mobil China) ah, datangnya dari mana-mana (merek mobil). Ada yang dari Eropa, Vietnam. Kita tunggu (merek mobil) Indonesia,” kata Ganjar di Arena IIMS 2024.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Diketahui, satu-satunya merek mobil Indonesia sejauh ini yakni Esemka nampaknya tak hadir di pameran IIMS 2024. Sebelumnya, Esemka sempat hadir di pameran IIMS 2023 dengan beberapa varian mobil yakni Bima dan Bima EV yang adalah van listrik.

Esemka merupakan merek mobil yang disebut-sebut sebagai merek buatan Indonesia selama lebih dari satu dekade. Prototipe hasil karya siswa SMK di Solo pun mengharumkan nama Joko Widodo (Jokowi) dan membawanya hingga ke panggung Gubernur DKI hingga Presiden RI selama dua periode sejak 2014 hingga sekarang.

Banyak pembeli mobil yang diibaratkan antri membeli beras

Ganjar mengaku kehadirannya di IIMS 2024 hanya untuk melihat teknologi otomotif terkini. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini belum berencana membeli mobil baru. Ganjar pun mencoba bertanya kepada staf penjualan IIMS 2024 terkait penjualan mobil di pameran ini.

“Uangnya siapa (beli mobil baru). Kita lihat kecanggihannya (mobil jaman sekarang) padahal tadi saya tanya bagaimana pembeliannya, katanya bagus. Ini menarik ya. Jualan mobil. Bagus, pembelinya banyak, tapi apa berbaris Nasinya juga banyak,” kata Ganjar.

“Saya masih melihat bagaimana sebenarnya perkembangan perekonomian Indonesia. Tapi khusus otomotif, menurut saya cukup menggembirakan, karena antusias pasarnya cukup bagus. Mudah-mudahan industri ini memberi kepercayaan pada perekonomian,” imbuh politikus PDIP itu.

Baca berita selengkapnya Di Sini.

(tim/anak-anak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);