Tak Bisa Kalahkan Irak dan Filipina, Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong Jago Kandang – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Fakta Timnas Indonesia era Shin Tae-yong jago di kandang rupanya benar adanya. Pasalnya, di dua laga tandang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina, tim Merah Putih tak mampu meraih kemenangan.

Tim besutan Shin Tae-yong hanya meraih satu poin dari dua laga awal Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia kalah telak 1-5 dari Irak di Basra pada 16 November.

Kemudian, skuad Garuda – dijuluki Timnas Indonesia – bermain imbang 1-1 melawan Filipina, di mana di atas kertas seharusnya bisa meraih kemenangan pada 21 November 2023.

Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott (kanan) tampil pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Asia kontra Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (21/11). [JAM STA ROSA / AFP]

Dua hasil ini diyakini menjadi bukti Timnas Indonesia era Shin Tae-yong jago di kandang sendiri. Sebelum dua laga tersebut, skuad Garuda selalu kesulitan saat bermain tandang.

Memang, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Brunei Darussalam 6-0 di laga tandang sebelum menghadapi Irak dan Filipina. Namun seperti diketahui, kualitas Brunei jauh di bawah tim Merah Putih.

Jauh sebelumnya, Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Vietnam di laga tandang. Lebih tepatnya semifinal Piala AFF 2022 Januari lalu.

Timnas Indonesia terlalu banyak memainkan laga kandang saat uji coba atau hari pertandingan FIFA. Saat tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tampil cukup baik.

Misalnya Timnas Indonesia yang mampu mengalahkan Burundi 3-1, kemudian bermain imbang 2-2 di pertemuan kedua. Kemudian, skuad Garuda juga mampu menahan Palestina dengan hasil imbang 0-0.

Bahkan, saat bertemu juara dunia Argentina, timnas Indonesia menampilkan permainan yang luar biasa. Meski kalah 0-2, tim Merah Putih bermain sangat baik.

Terakhir, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Turkmenistan 2-0, sebelum membantai Brunei Darussalam 6-0. Rekor inilah yang membuat Timnas Indonesia dianggap sebagai tuan rumah juara.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun mengakui anak asuhnya kesulitan menghadapi Irak dan Filipina di laga tandang. Namun, Si Merah Putih masih memiliki tiga laga kandang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang mereka yakini akan berjalan baik.

Oleh karena itu, ia yakin skuad Garuda masih berpeluang lolos ke babak selanjutnya Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tentu saja dibarengi dengan persiapan yang matang.

“Kami punya 1 poin dari 2 laga tandang, tapi kami punya 3 laga di kandang. Kami sangat kuat saat bermain di kandang sendiri, saya masih merasa positif dan percaya diri,” kata Shin Tae-yong dalam keterangannya, Selasa (21/11). /). 2023).

Tentu saja Timnas Indonesia pada dua laga awal melawan Irak dan Filipina selalu berperan sebagai tim tamu. Kini, mereka punya empat pertandingan tersisa.

Tiga dari empat laga, Timnas Indonesia akan bermain sebagai tuan rumah. Rasa percaya diri tim Merah Putih akan semakin bertambah ketika tampil di hadapan pendukungnya sendiri.