Suporter Apresiasi Penampilan Timnas Indonesia usai Kalahkan Tim Kuat Turkmenistan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Penampilan apik Timnas Indonesia melawan Turkmenistan mendapat apresiasi luar biasa dari para suporter.

Timnas Indonesia sukses mengalahkan Turkmenistan 2-0 dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9) malam WIB.

“Timnas semakin sukses di level internasional,” kata suporter asal Yogyakarta, Katon, seperti dikutip dari di antaraSabtu (9/9/2023).

Selain suporter dari beberapa kelompok suporter, pertandingan melawan tim berjuluk The Karakum Warriors ini juga diisi ribuan santri dari berbagai pesantren.

Para santri juga tak ketinggalan mengabadikan apresiasinya atas perjuangan timnas dengan menyanyikan lagu ciptaan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Wahab Chasbullah, Yalal Waton.

Potret susunan pemain Timnas Indonesia pada laga uji coba melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (sumber: instagram/pssi)

Sebelumnya, Timnas senior Indonesia berhasil mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada laga FIFA Match Day di Stadion Gelora Bung Tomo GBT, Surabaya, Jumat malam.

Dua gol Indonesia dicetak Dendy Sulistyawan pada menit ke-19 dan Egy Maulana Vikri menit ke-90+1.

Hasil ini menambah rekor bagus timnas Indonesia dengan tiga kemenangan, satu kali imbang, dan satu kali kalah.

Pertemuan pertama Indonesia dengan Turkmenistan terjadi pada tanggal 31 Maret 2004 di Stadion Olimpiade Ashgabat pada Kualifikasi Piala Dunia 2006.

Pada laga pertama, Indonesia kalah 1-3 dengan gol tunggal Indonesia dicetak oleh Budi Sudarsono. Sementara dua gol dicetak Turkmenistan, Vladimir Bayramov, dan Begencmuhamed Kuliyew.

Kemudian pada 17 November 2004, giliran Indonesia yang menjamu Turkmenistan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, menang 3-1 berkat hat-trick Ilham Jaya Kesuma.

Selanjutnya, Timnas Indonesia kembali bentrok dengan Turkmenistan di kualifikasi Piala Dunia 2014.

Pada pertemuan pertama, Indonesia bertandang ke Ashgabat pada 23 Juli 2011, hasilnya imbang 1-1, Ilham Jaya Kesuma mencetak gol penyeimbang pada laga tersebut.

Pada pertemuan kedua yang berlangsung di Jakarta tanggal 28 Juli 2011, hasil Turkmenistan dikalahkan tim Garuda dengan skor 4-3.

Empat gol Indonesia dicetak Cristian Gonzales, dua gol Ahmad Nasuha dan Muhammad Ridwan di antara.