Superkomputer Prediksi Peluang Juara Timnas Indonesia Cuma 0,2 Persen – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Opta, penyedia statistik olahraga termasuk sepak bola, memprediksi masa depan juara Piala Asia 2023 menggunakan superkomputer. Alhasil, Jepang menjadi favorit dengan Timnas Indonesia dinilai nyaris mustahil diraih.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Turnamen besar ini akan diikuti 24 peserta termasuk skuad Garuda.

Bentrokan tuan rumah Qatar dan Lebanon di Grup A pada 12 Januari mendatang akan menjadi awal dari 51 laga seru yang digelar di Piala Asia 2023.

Qatar berstatus juara bertahan usai mengalahkan Jepang di final edisi 2019. Nama keluarga tersebut dinilai membawa tekanan besar karena target utamanya adalah menebus kegagalan edisi lalu.

Jepang, yang dipimpin oleh gelandang Liverpool Wataru Endo, dianggap difavoritkan untuk memenangkan turnamen menurut model prediksi superkomputer Opta.

Susunan pemain timnas Jepang saat menghadapi Suriah pada 21 November 2023. Artikel ini memaparkan Profil Tim Piala Asia 2023: Jepang, Misi Samurai Biru Kembalikan Reputasi (X atau Twitter/@jfa_samuraiblue)

Tim berjuluk Samurai Biru itu datang ke Piala Asia 2023 dengan penuh percaya diri. Selain penampilan gemilangnya di berbagai laga uji coba, mereka juga membawa dua modal berharga setelah penampilan gemilangnya di Piala Dunia 2022, termasuk kemenangan impresif di fase grup melawan Jerman dan Spanyol.

Di Piala Asia, Jepang juga punya rekor impresif. Mereka mencapai final dalam lima dari sembilan penampilan mereka.

Dalam kurun waktu tersebut, Jepang berhasil meraih empat gelar juara yang masih menjadi rekor kompetisi.

Opta menilai Jepang berpeluang 24,6 persen menjadi juara Piala Asia 2023. Di bawahnya ada Korea Selatan, Iran, Australia, Arab Saudi, dan tuan rumah Qatar.

Korea Selatan dinilai hanya berpeluang menjadi juara sebesar 14,3 persen, disusul Iran (11,2%), Australia (10,7%), Arab Saudi (10,6%) dan Qatar (9,8%).

Sedangkan khusus Timnas Indonesia, Opta hanya memberikan peluang 0,2 persen kepada skuad Garuda untuk meraih kemenangan alias nyaris mustahil. Peluang ini serupa dengan yang diperoleh Kyrgyzstan dan Malaysia, hanya lebih baik dibandingkan Hong Kong (0,1%).

Prediksi Superkomputer Opta Seputar Juara Piala Asia 2023

Prediksi juara Piala Asia 2023 berdasarkan analisis superkomputer Opta. [Opta]
Prediksi juara Piala Asia 2023 berdasarkan analisis superkomputer Opta. [Opta]