Stadion Sepak Bola Olimpiade Paris 2024

by

Beberapa stadion sepak bola ikonik Ligue 1 akan dipamerkan sepanjang Olimpiade Paris 2024 musim panas ini.

Dalam waktu sekitar seminggu, musim panas sepak bola akan berlanjut setelah Copa America dan Euro berakhir dengan Olimpiade Paris di Prancis. Baik tim putra maupun putri dari seluruh dunia akan bersaing untuk meraih medali emas di beberapa stadion paling terkenal di dunia sepak bola yang telah menjadi rumah bagi beberapa pemain terbaik sepanjang masa.

Berikut adalah tujuh tempat pertandingan sepak bola di Olimpiade Paris 2024.

Konferensi Pers Euro 2016 - Spanyol

Matmut Atlantique adalah rumah bagi tim Ligue 2 Bordeaux / David Ramos/GettyImages

Matmut Atlantique adalah kandang bagi klub divisi dua Bordeaux yang sayangnya belum pernah berlaga di divisi pertama sepak bola Prancis sejak terdegradasi di akhir musim 2021/22.

Namun, stadion berkapasitas 42.115 ini akan menjadi tuan rumah pertandingan Jepang vs Paraguay di tim putra dan Brasil vs Spanyol di tim putri. Matmut Atlantique juga akan menjadi lokasi salah satu pertandingan perempat final putra.

Asosiasi sportif de Saint-Etienne v Racing Club de Strasbourg Alsace - Ligue 1

Stadion Saint-Etienne sudah dekat dengan aksi / Marcio Machado/GettyImages

Pada tanggal 24 Juli, Argentina akan menghadapi Maroko di Stadion Saint-Etienne untuk membantu memulai babak penyisihan grup putra di stadion berkapasitas 41.965.

Hari berikutnya, Kanada akan menghadapi Selandia Baru di stadion yang sama dan kandang tim Ligue 1 yang baru dipromosikan, AS Saint-Etienne, tidak akan menjadi tempat pertandingan apa pun di luar babak penyisihan grup untuk turnamen putra dan putri.

FBL-PRANCIS-LIGUE1-NANTES-LYON

Stadion La Beaujoire adalah kandang bagi Nantes / SEBASTIEN SALOM-GOMIS/GettyImages

Di Olimpiade putra, Mesir akan menghadapi Republik Dominika di Stadion La Beaujoire pada tanggal 24 Juli sementara Spanyol akan berhadapan dengan Jepang di babak penyisihan grup putri. Stadion La Beaujoire adalah kandang bagi Nantes di Prancis dan menampung sekitar 35.322 penonton.

FBL-FRA-LIGUE1-STADIUM-LYON

Stadion Groupama adalah kandang Lyon / PHILIPPE DESMAZES/GettyImages

Merupakan markas bagi salah satu tim paling ikonik di sepak bola Eropa, Stadion Groupama menjadi tuan rumah bagi klub Ligue 1 Lyon serta beberapa pertandingan di Olimpiade musim panas.

Para penggemar akan berkesempatan untuk memadati stadion berkapasitas 59.186 untuk menyaksikan pertandingan Prancis melawan Kolombia di tim putri. Stadion Groupama juga menjadi tempat pertandingan semifinal untuk turnamen putra dan putri.

Olympique Marseille v Sporting CP: Grup D - Liga Champions UEFA

Marseille memainkan pertandingan kandang mereka di Stade Velodrome yang ikonik / Vasile Mihai-Antonio/GettyImages

Melanjutkan tema stadion ikonik di Ligue 1, Stade Velodrome tidak terkecuali karena stadion berkapasitas 67.000 tempat duduk ini secara rutin dipadati pengunjung untuk menyaksikan Marseile di Ligue 1.

Kali ini, tuan rumah di babak penyisihan grup putra akan berhadapan dengan AS untuk mengawali pertandingan pertama di Olimpiade. Stade Velodrome juga menjadi tempat berlangsungnya satu pertandingan semi-final untuk turnamen putra dan putri.

FBL-PRANCIS-LIGA 1-BAGUS-BORDEAUX

Allianz Riviera adalah kandang bagi OGC Nice / VALERY HACHE/GettyImages

Allianz Riviera akan mempertemukan Kolombia melawan Kanada di babak penyisihan grup putri sementara Prancis berhadapan dengan Guinea di babak penyisihan grup putra. Kandang OGC Nice juga akan menjadi tuan rumah pertandingan Maroko vs Irak tetapi tidak akan menjadi tempat pertandingan perempat final atau semifinal.

Paris Saint-Germain v AC Milan: Grup F - Liga Champions UEFA 2023/24

Parc des Princes adalah kandang bagi klub paling terkenal di Prancis / David Ramos/GettyImages

Pertandingan putra Olimpiade Musim Panas 2024 akan dimulai pada tanggal 24 Juli di Parc des Princes, kandang raksasa Eropa PSG. Seperti Mbappe, Messi, dan Neymar Jr. yang pernah bermain di lapangan ini sebelumnya, Uzbekistan dan Spanyol akan memulai pertandingan dalam waktu sekitar seminggu sementara pertandingan Medali Emas putra juga akan berlangsung di stadion yang sama pada tanggal 9 Agustus dan pertandingan Medali Emas putri pada tanggal 10 Agustus.