Berita Berita Dunia Terpopuler Sepekan: Trump Ditembak-Ledakan di Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Insiden penembakan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trumpdan sindiran calon wakil presiden Trump, JD Vance, tentang Inggris telah menjadi fokus berita global minggu ini.

Demonstrasi mahasiswa berdarah di Bangladesh dan ledakan di ibu kota Israel, Tel Aviv, juga menimbulkan kekhawatiran.

Berikut adalah berita global teratas minggu lalu.


Donald Trump Ditembak Saat Berkampanye

Mantan Presiden AS Donald Trump ditembak saat berkampanye di Pennsylvania, 13 Juli.

Telinga kanan Trump tampak berdarah saat dikepung petugas keamanan. Saat dievakuasi oleh Dinas Rahasia, Trump mengacungkan tinjunya ke arah massa dan berteriak “lawan, lawan, lawan!”

FBI mengungkap identitas penembak Trump: remaja berusia 20 tahun

Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat mengidentifikasi pelaku penembakan Trump adalah seorang remaja berusia 20 tahun.

Aktor bernama panjang Thomas Matthew Crooks ini berasal dari Bethel Park, Pennsylvania.

Teori konspirasi muncul setelah pemecatan Trump

Insiden yang dijuluki upaya pembunuhan Trump ini mendapat publisitas besar sehingga memicu banyak pertanyaan, termasuk teori konspirasi.

Banyak pihak yang menduga kejadian ini hanyalah sebuah rekayasa atau persiapan.

Demonstrasi mahasiswa berdarah di Bangladesh terkait kuota pegawai negeri

Sedikitnya 39 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam bentrokan antara mahasiswa, aktivis pro-pemerintah, dan petugas polisi.

Bentrokan tersebut terjadi setelah berminggu-minggu protes mahasiswa terhadap sistem kuota pekerjaan pemerintah. Mahasiswa meminta agar skema berbasis prestasi diterapkan.

Pemerintah Bangladesh saat ini menerapkan sistem kuota yang memberikan hingga 30 persen pekerjaan di pemerintahan kepada keluarga veteran perang tahun 1971.

Menurut para kritikus, sistem ini diskriminatif karena hanya menguntungkan anak-anak pro-Perdana Menteri Sheikh Hasina dan merugikan anak-anak berprestasi.

Wakil Presiden Trump menyebut Inggris sebagai ‘negara Islam’

Calon Wakil Presiden Donald Trump, JD Vance, mengatakan Inggris bisa menjadi “negara Muslim sejati pertama” yang memiliki senjata nuklir.

Vance berbicara seperti ini untuk mengolok-olok Partai Buruh, yang baru-baru ini memenangkan 412 dari 650 kursi di parlemen dalam pemilihan umum Inggris pada tanggal 4 Juli.

Ledakan di Tel Aviv dekat Konsulat AS menewaskan 1 orang dan melukai 10 orang

Sedikitnya satu orang tewas dan 10 lainnya luka-luka akibat ledakan di ibu kota Tel Aviv, Israel, Jumat dini hari (19/7).

Ledakan terjadi di Shalom Aleichem dekat gedung Konsulat Amerika Serikat.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan berdasarkan penyelidikan awal, ledakan tersebut diduga kuat merupakan “akibat serangan udara”. Serangan udara tidak memicu sirene.

(blq/baca)