Shin Tae-yong Bongkar Alasan Panggil Pemain Minim Menit Bermain di BRI Liga 1 ke Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjelaskan alasannya memanggil beberapa pemain yang menit bermainnya minimal bersama klubnya di BRI Liga 1 untuk matchday FIFA September 2023 melawan Turkmenistan.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, pemanggilan tersebut didasarkan pada situasi yang ada di mana skuad Timnas Indonesia harus dibagi dua untuk tim senior dan tim U-23 yang akan bermain hampir dalam satu pertandingan.

Diketahui, Timnas U-23 Indonesia akan lolos ke Piala Asia U-23 2024 pada pertengahan September mendatang. Sedangkan Timnas senior Indonesia bermain melawan Turkmenistan dalam laga uji coba.

“Dibagi menjadi dua tim, jadi yang bisa didaftarkan lebih banyak. Mungkin kalau kita bahas lebih detail, kita belum bisa memastikan apakah pemain ini bisa didaftarkan atau tidak,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari di antaraKamis (31/8/2023).

“Jadi mungkin kita coba latihan dulu baru kita pastikan siapa yang mendaftar,” ujarnya lagi.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) sore. [Pahami.id/Dwi Bowo Raharjo]

Selain pemain-pemain dengan nama menonjol, pelatih Shin juga memasukkan beberapa pemain yang tak mencatatkan banyak menit bermain bersama klubnya masing-masing.

Nama yang jarang dimainkan klubnya di liga adalah dua pemain Persija Jakarta yakni Aji Kusuma dan Akbar Arjunsyah. Aji hanya sekali menjadi starter dengan catatan nihil gol di Persija, sedangkan Akbar hanya dua kali menjadi starter.

Tim nasional senior yang beranggotakan 24 orang akan memainkan pertandingan FIFA Match Day melawan Turkmenistan pada 8 September. Sementara itu, 27 pemain dipanggil memperkuat timnas U-23 untuk persiapan lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku bebannya cukup berat dengan tanggung jawab kedua tim. Namun untuk timnas senior, ia akan banyak mendapat bantuan dari rekannya Choi In-cheol.

“Bagi saya juga agak rumit, untuk tim nasional senior, pelatih Choi adalah asisten pelatih utama kami (yang akan mengelola tim). Jadi dia tahu apa yang saya inginkan secara taktik dan sebagainya, jadi dia akan bertanggung jawab kepada para senior. Dan saya akan “lebih fokus pada timnas U-23,” kata pelatih Shin.