Shin Tae-yong Beri Sindiran Keras ke AFF usai Timnas Indonesia U-23 Kerap Dirugikan Wasit, Cukup Menohok – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong melontarkan sindiran pedas kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) usai timnya kerap diusir wasit pada Piala AFF U-23 2023.

Skuatnas U-23 Indonesia gagal menjuarai Piala AFF U-23 2023 setelah kalah dari Vietnam di final, Sabtu (27/8/2023).

Pada laga tersebut, skuad Garuda Muda kalah lewat adu penalti dengan skor 6-5. Kekalahan ini membuat masyarakat kecewa.

Apalagi pada laga kali ini Timnas Indonesia U-23 kerap dirugikan dengan keputusan wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara.

Perlu diketahui bahwa pemain Vietnam bergantung pada karakteristik permainannya yaitu duel fisik. Anak angkat Hoang Anh Tuan terlihat berkali-kali menggunakan tangannya untuk menjatuhkan pemain Timnas Indonesia.

Namun wasit Hiroki Kasahara kerap mengabaikan setiap pelanggaran yang dilakukan pemain Vietnam. Ada kejadian kepala Haykal Alhafiz dihantam pemain Vietnam namun wasit tak berkutik sama sekali.

Hal ini membuat pelatih Shin Tae-yong geram di pinggir lapangan. Bahkan pelatih asal Korea Selatan itu diganjar kartu kuning karena dianggap terlalu banyak protes oleh wasit.

Usai pertandingan, Shin Tae-yong lantas mengejek AFF karena tak puas dengan kinerja wasit.

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @shintaeyong7777, ia melontarkan sindirannya kepada AFF.

Ia menyematkan video kejadian yang merugikan Timnas U-23 Indonesia, seperti keputusan wasit yang memberikan penalti Malaysia hingga sikutan pemain Vietnam terhadap Haykal.

“Atlet-atlet kita di AFF banyak sekali permasalahannya. Kalau tidak terlihat di depan (wasit), mungkin karena kurang skill, atau mungkin karena kesalahan yang disengaja,” tulis @shintaeyong7777 .

Kemudian ia juga memberikan saran kepada AFF kedepannya agar turnamen ini dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari para pesertanya.

“Kalau ini terjadi tidak hanya sekali atau dua kali, tapi setiap turnamen, saya harap VAR segera diperkenalkan untuk membantu perkembangan sepak bola AFF,” tutupnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong kini mengalihkan fokusnya ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dan Matchday FIFA September 2023 setelah hanya meraih runner-up Piala AFF U-23 2023.