Sesumbar Pelatih Filipina, Sebut Timnas Indonesia Bakal Kesusahan Main di Rumput Sintetis Rizal Memorial – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Filipina Michael Weiss sesumbar Timnas Indonesia akan kesulitan menghadapi timnya pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (21/11/2023).

Bukan hanya karena kualitas permainan Filipina, Weiss yakin skuad Garuda akan kelelahan dan kesulitan bermain di Stadion Rizal Memorial, Manila yang lapangannya menggunakan rumput sintetis.

“Mereka juga sulit bermain di lapangan sintetis dan kami sudah terbiasa dengan hal itu,” kata Michael Weiss seperti dikutip dari Thao Van HoaJumat (17/11/2023).

Timnas Indonesia menyambangi markas Filipina dengan modal negatif usai kalah dari Irak pada laga hari pertama Grup F dengan skor 1-5 di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023).

Weiss memperkirakan perjalanan jauh dari Irak ke Filipina akan mempengaruhi kondisi fisik para pemain timnas Indonesia. Mereka pun akan memanfaatkan situasi tersebut.

Stadion Rizal Memorial di Manila, Filipina. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

“Laga berikutnya melawan Indonesia kami mungkin akan lebih menantang,” kata Weiss.

“Indonesia harus pindah dari Irak ke sini, lebih sulit bagi mereka karena perjalanannya melelahkan,” imbuhnya.

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi terbawah Grup F setelah kalah telak dari Irak. Sedangkan Filipina berada di peringkat ketiga setelah kalah 0-2 dari Vietnam.

Stadion Rizal Memorial yang merupakan kandang Filipina dikenal kurang bersahabat dengan tim lain yang tidak terbiasa bermain di lapangan dengan rumput sintetis.

Sebelumnya, media Vietnam Bongdaplus mengeluhkan situasi tersebut meski The Golden Star Warriors mampu menang 2-0.

“Bertanding di rumput sintetis akan sangat mempengaruhi kualitas pertandingan,” tulis Bongdaplus, dikutip 2 November.

“[Rumput sintetis juga] juga menyebabkan timnas Vietnam kesulitan dalam menangani permainan.”

Vietnam punya pengalaman buruk saat tampil di Stadion Rizal Memorial. Hal ini terjadi pada SEA Games 2019 di Filipina.

Selain mempengaruhi gaya bermain tim, rumput sintetis juga dinilai akan meningkatkan peluang pemain mengalami cedera karena tekstur lapangannya berbeda dengan rumput alami.