Sembilan Pemain Timnas Indonesia Susul Shin Tae-yong ke Turki, Begini Komentar Sumardji – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Manajer Timnas Indonesia Sumardji mengungkapkan, sembilan pemain Indonesia yang semuanya merumput di luar negeri memiliki jadwal berbeda untuk mengikuti pemusatan latihan Merah Putih (TC) persiapan Piala Asia 2023 di Antalya, Turki.

Dari 28 nama yang dibawa pelatih Shin Tae-yong, 19 pemain terdiri dari pemain yang bermain di BRI Liga 1 Indonesia dan dua pemain yang bermain di luar negeri, Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons) dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy) berangkat bersama dari Jakarta, Rabu ( 20/12/2023).

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berjabat tangan dengan suporter usai kemenangan melawan Vietnam pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu. (18/9/2022) . [ANTARA FOTO/Moch Asim]

Dari sembilan nama tersebut, hanya Jordi Amat dan Saddil Ramdani yang berlaga, Liga Malaysia telah usai, sedangkan tujuh pemain sisanya adalah Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers), Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Marselino Ferdinand (KMSK Deinze), Ivar Jenner (Jong Utrecht), dan Rafael Struick (ADO Den Haag), yang klubnya masih memainkan pertandingan hingga akhir Desember sedangkan batas waktu kedatangan TC dikabarkan Januari 1 Agustus 2024.

Jadi, ada yang datang sore ini, ada yang tanggal 22 Desember, ada pula yang belum memberikan jadwalnya, jelas Sumardji saat ditemui di acara puncak turnamen Nusantara Open 2023 di acara tersebut. Lapangan Akademi Garudayaksa, Setu, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/12/2023).

Terkait pemain baru naturalisasi skuad Merah Putih, Justin Hubner, Sumardji menyebut pemain berusia 20 tahun itu sudah menyampaikan jadwal kedatangannya, namun dalam hal ini ia tak ingat kapan pemain Wolverhampton Wanderers itu akan tiba di Turki.

“Iya. Saya lupa tanggalnya tapi ada,” sambung Sumardji seperti dilansir ANTARA.

Dalam kesempatan yang sama, Sumardji juga menjelaskan pemain PSM Makassar Yance Sayuri, pemain yang semula diboyong ke Turki, dibatalkan karena tidak direkomendasikan setelah cederanya belum pulih sepenuhnya saat menjalani pemeriksaan kesehatan.

Yance sendiri terakhir kali bermain untuk PSM saat Juku Eja bermain imbang 1-1 melawan Bhayangkara FC pada laga BRI Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora BJ Habibie, 8 Desember.

“Pagi harinya (Selasa 19 Desember) kami melakukan pengecekan kesehatan terhadap luka-lukanya, sehingga disarankan untuk tidak dibawa dan dilakukan terapi di klub. Kami juga mengupayakan kesembuhan atau terapi di PSSI juga, mudah-mudahan karena perlengkapannya lebih lengkap,” jelasnya.

Timnas Indonesia akan menjalani TC di Turki hingga 6 Januari 2024 dengan menjalani dua laga uji coba melawan Timnas Libya di Antalya, Turki, pada 2 Januari dan 5 Januari. Usai menghadapi Libya, Indonesia akan terbang ke Qatar dan melakukan uji coba terakhir melawan Iran pada 9 Januari.

Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama Vietnam, Irak, dan Jepang. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan membuka petualangan di ajang yang dimulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024 itu dengan menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada 15 Januari mendatang.