Rekor Pertemuan, Kekuatan, Hingga Susunan Pemain – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Skuad Indonesia akan bertemu Irak pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (16/11/2023) malam WIB.

Laga Timnas Indonesia vs Irak akan berlangsung di Basra International Stadium, Basra, Irak.

Jelang laga, para pecinta sepak bola Tanah Air pasti ingin tim besutan Shin Tae-yong bisa melayani pemain Irak dan meraih hasil maksimal.

Pasalnya laga melawan Irak tentu tidak mudah bagi Timnas Indonesia. Selain itu, skuad Singa Mesopotamia akan didukung kurang lebih 65.000 suporter.

Berdasarkan catatan di atas kertas, banyak pihak yang berpihak pada Irak karena kiprahnya di pentas Asia yang disebut-sebut lebih menonjol dibandingkan Timnas Indonesia.

Jika melihat ranking FIFA, Irak juga jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Skuad asuhan Jesus Casas saat ini berada di posisi 68, sedangkan Indonesia berada di posisi 145.

Namun catatan di atas kertas bisa saja berbeda dengan apa yang terjadi di lapangan. Apalagi Timnas Indonesia sejak dilatih Shin Tae-yong terus menunjukkan tren positif.

Rekor pertemuan Timnas Indonesia dan Irak

Sejauh ini, berdasarkan catatan pertemuan Timnas Indonesia dan Irak, sudah ada 11 pertemuan dengan dua kemenangan, tiga kali imbang, dan enam kekalahan.

Sedangkan dalam dua pertemuan terakhir kedua tim di kualifikasi Piala Asia 2015, Indonesia mencatatkan dua kekalahan melawan Irak.

Saat itu Timnas Indonesia harus mengakui kekalahan dari Irak dengan skor akhir 0-1 yang kala itu menjadi tuan rumah.

Saat menjadi tuan rumah, Boaz Solossa dan kawan-kawan kembali kalah dengan skor 0-2 saat bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Mengikuti Grup C Kualifikasi Piala Asia 2015 bersama Arab Saudi dan China, Indonesia akhirnya menempati posisi sementara, sedangkan Irak lolos ke final dengan menempati posisi kedua.

Hasil terbaik Timnas Indonesia saat menghadapi Irak adalah saat menang dengan skor besar 3-0 pada turnamen Piala Kemerdekaan di Jakarta, 23 tahun lalu.

Pada laga final yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta tanggal 3 September 2000, Indonesia mampu menang dengan skor 3-0 berkat gol Aji Santoso, Bima Sakti, dan Gendut Doni.

Perbandingan Kekuatan Timnas Indonesia dan Irak

Tim asuhan Shin Tae-yong pada laga kali ini diprediksi akan menggunakan skema lima bek yang kerap digunakan Shin Tae-yong saat menghadapi tim yang secara historis lebih kuat.

Posisi penjaga gawang diperkirakan akan diisi oleh Nadeo Argawinata, sedangkan trio bek tengah ditempati oleh Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott.

Sedangkan bek sayap akan ditempati oleh Shayne Pattynama dan Asnawi Mangkualam. Di lini tengah, trio lini tengah terdiri dari Sandy Walsh, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya.

Pasangan bomber Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta dan Dimas Drajad kemungkinan besar akan menjadi pemimpin skuad.

Ingat, pada babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, keduanya tampil cukup baik dengan torehan gol.

Sedangkan Irak diprediksi akan menggunakan formasi 4-3-3 dengan menempatkan Ahmed Bassil di posisi penjaga gawang.

Garis pertahanan Irak mungkin termasuk Mustafa Sadoon, Frans Putros, Ali Adnan dan Merchas Doski.

Posisi tengah diprediksi ditempati trio Amir Al-Ammari, Amjad Attwan, dan Ibrahim Bayesh.

Lini serang skuad Mesopotamia Lions diperkirakan akan ditempati oleh Bashar Resan, Aymen Hussein, dan Ali Jasim.

Lima Pertandingan Terakhir Indonesia Melawan Irak

Irak dalam lima laga terakhirnya mencatatkan tiga kemenangan dan dua kekalahan.

Berdasarkan rekor pertandingan, Irak berhasil menang melawan Thailand dan India di Piala Raja, kemudian Oman saat bermain di Piala Teluk.

Sementara dua kekalahan Irak terjadi saat melawan Qatar dan Kolombia. Meski meraih tiga kemenangan, Irak memenangkan dua di antaranya melalui adu penalti setelah bermain imbang selama 120 menit.

Berikut lima pertandingan terakhir Irak

(13/10) Qatar 0 – 0 Irak (penalti 5-6), Pertandingan Persahabatan

(10/9) Thailand 2 – 2 Irak (adu penalti 5-4), Final Piala Raja

(7/9) Irak 2 – 2 India (adu penalti 5-4), Semi Final Piala Raja

(17/6) Kolombia 1 – 0 Irak, Laga Persahabatan

(19/1) Irak 3 – 2 Oman, Final Piala Teluk

Sedangkan berdasarkan catatan lima laga terakhir Timnas Indonesia, tim besutan Shin Tae-yong mencatatkan tiga kemenangan, satu kali imbang, dan satu kekalahan.

Tiga kemenangan diraih tim besutan Shin Tae-yong dengan dua kali mengalahkan Brunei Darussalam pada putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Selain itu, Timnas Indonesia juga mencatatkan kemenangan melawan Turkmenistan pada laga persahabatan FIFA Match Day September 2023.

Kemudian hasil imbang yang didapat Timnas Indonesia terjadi saat Skuad Garuda bertemu Timnas Palestina. Meski kekalahan terasa saat dikalahkan Argentina, kedua laga tersebut merupakan laga persahabatan.

Berikut lima laga terakhir Indonesia

(17/10) Brunei Darussalam 0 – 6 Indonesia, Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

(12/10) Indonesia 6 – 0 Brunei Darussalam, babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

(8/9) Indonesia 2 – 0 Turkmenistan, Laga Persahabatan

(19/6) Indonesia 0 – 2 Argentina, Laga Persahabatan

(14/6) Indonesia 0 – 0 Palestina, Laga Persahabatan.

Demikian artikel laga sengit Timnas Indonesia vs Irak yang akan dilangsungkan pada Kamis (16/11/2023) malam WIB. Akankah tim besutan Shin Tae-yong mampu menyamai atau mengatasi Irak di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.