Rating pemain saat Lionesses mendekati kualifikasi Euro 2025

by

Inggris mengalahkan Republik Irlandia 2-1 di Carrow Road pada Jumat malam untuk semakin dekat dengan kualifikasi untuk Euro 2025 di Swiss.

Alessia Russo membawa tuan rumah unggul lebih dulu dan kemudian diikuti oleh penyelesaian penalti yang tenang dari Georgia Stanway di babak kedua. Itu bisa dan mungkin seharusnya lebih untuk Inggris sebelum Julie-Ann Russell memperkecil ketertinggalan bagi Irlandia menjelang akhir pertandingan, tetapi hasil pertandinganlah yang terpenting pada malam itu.

Swedia kalah melawan Prancis di pertandingan grup lainnya, menempatkan tim asuhan Sarina Wiegman di posisi terdepan untuk lolos ke Piala Eropa musim panas mendatang di Swiss. Hasil imbang akan cukup di Gothenburg pada Selasa malam untuk mengamankan posisi dua teratas.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Inggris hanya butuh waktu kurang dari lima menit untuk membuka skor di Norwich. Keira Walsh dan Stanway memainkan beberapa umpan rumit di tengah lapangan untuk menemukan Beth Mead, yang melepaskan umpan sempurna ke Russo, yang tidak membuat kesalahan dari jarak dekat.

Entah bagaimana mereka gagal mencetak dua gol sepuluh menit kemudian karena Inggris merebut bola kembali dengan posisi tinggi dan tendangan Lauren Hemp ditepis oleh Courtney Brosnan. Jess Carter melompat untuk menangkap bola liar, tetapi tendangannya juga berhasil ditepis.

Inggris mengawali babak kedua seperti yang mereka lakukan di babak pertama – dengan hasrat dan intensitas. Russo nyaris mencetak gol kedua saat ia berusaha menyambut umpan lambung Jess Park ke kotak penalti, tetapi Gudang senjata penyerang tidak dapat memperoleh koneksi yang cukup kuat pada peregangan.

Namun, mereka mendapat peluang emas ketika Hemp memanfaatkan bola liar di lini belakang untuk Irlandia. Niamh Fahey tidak punya pilihan selain melakukan pelanggaran dan wasit langsung menunjuk titik putih.

Stanway berhasil mencetak gol dari titik penalti dengan ketenangan yang luar biasa, mengecoh Brosnan. Itu menjadi gol yang sangat dibutuhkan Inggris karena tim tamu berusaha mencetak gol sendiri beberapa saat kemudian, tetapi Hampton berhasil memanfaatkan umpan silang berbahaya dari Aoife Mannion.

Meskipun mendapat tekanan dari Lionesses di akhir pertandingan, tim asuhan Eileen Gleeson berhasil mencetak gol tepat di akhir pertandingan. Salah satu lemparan jauh pemain pengganti Megan Campbell tidak berhasil ditepis oleh Inggris dan Russell berhasil memasukkannya ke gawang.

Georgia Stanway dan Ruesha Little John

Stanway menjadi pencetak gol dalam kemenangan Inggris 2-1 atas Republik Irlandia / David Rogers/GettyImages

GK: Hannah Hampton – 7/10 – Satu momen menegangkan di lini belakang pada babak pertama saat ia berhasil menguasai bola dan hampir saja menghalau bahaya. Distribusi bola yang solid dan kehadirannya yang menenangkan di gawang Inggris.

RB: Maya Le Tissier – 7/10 – Menemukan ruang dengan baik dan melepaskan beberapa umpan silang berbahaya ke kotak penalti. Tidak mampu memengaruhi jalannya pertandingan seperti yang diinginkannya karena Inggris sering kali berusaha menembus bagian tengah lapangan.

CB: Leah Williamson – 7/10 – Memimpin lini belakang dengan baik di babak pertama. Melakukan beberapa intersepsi penting untuk menahan Irlandia saat mereka mencoba menyerang di akhir babak pertama. Digantikan di babak kedua untuk diistirahatkan.

Bek tengah: Alex Greenwood – 7/10 – Selalu hadir di lini pertahanan sepanjang pertandingan saat rekan bek tengahnya berganti saat jeda. Bertahan dengan baik dalam situasi satu lawan satu dan menghentikan beberapa serangan berbahaya Irlandia. Tidak mengangkat Russell di bahunya untuk gol Irlandia.

LB: Jess Carter – 7/10 – Upaya awal pemainnya berhasil ditepis oleh Brosnan. Terkadang ia sedikit kehilangan penguasaan bola, tetapi mampu bangkit dengan baik dalam situasi tersebut. Digantikan pada babak kedua untuk memberi Charles waktu bermain.

CM: Keira Walsh – 7/10 – Beberapa umpan terobosan yang luar biasa di tengah lapangan membuat Inggris semakin maju. Ketenangan yang luar biasa, terutama di ruang sempit.

CM: Georgia Stanway – 8/10 – Energi yang tak henti-hentinya di awal permainan dan merebut bola kembali di beberapa area berbahaya untuk membuat Inggris menyerang. Tampil klinis dari titik penalti untuk membawa Inggris unggul dua gol.

CM: Jess Park – 8/10 – Gagal memberikan umpan yang jelas kepada Hemp di awal pertandingan saat Inggris berusaha memperlebar keunggulan. Serangannya di lini tengah membuat Irlandia kerepotan saat ia menciptakan sejumlah peluang.

RW: Lauren Hemp – 7/10 – Tidak beruntung karena tidak mencetak gol dalam 15 menit pertama karena usahanya yang matang ditepis oleh Brosnan. Berhasil mengungguli Fahey dan memenangkan penalti untuk Inggris di babak kedua.

ST: Alessia Russo – 8/10 – Memberikan sentuhan akhir pada pergerakan fantastis Inggris di menit-menit awal untuk membawa mereka unggul. Sejumlah peluang untuk mencetak gol lagi, tetapi tidak berhasil menyelesaikannya dengan tepat. Banyak tanda-tanda yang menjanjikan dan terus-menerus mengganggu lini belakang Irlandia.

LW: Beth Mead – 7/10 – Umpan fantastis ke arah Russo untuk gol pembuka. Hampir saja mencetak gol di babak pertama, tetapi gagal melewati pemain berbaju hijau di kotak penalti untuk melepaskan tembakan yang jelas.

Pengganti

SUB: Millie Bright (45′ untuk Williamson) – 7/10 – Menggunakan kecepatannya dengan baik untuk menghentikan serangan balik Irlandia. Dominan di udara dan memenangkan sebagian besar duel udara.

SUB: Niamh Charles (45′ untuk Carter) – 7/10 – Beberapa waktu bermain yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kebugaran setelah cedera. Cerdas saat ia maju dan mendapatkan beberapa menit yang sangat dibutuhkan di kakinya.

SUB: Chloe Kelly (60′ untuk Mead) – 7/10

SUB: Jess Naz (70′ untuk Russo) – 7/10

SUB: Aggie Beever-Jones (88′ untuk Hemp) – T/A

Pemain pengganti yang tidak dimainkan: Mary Earps (GK), Khiara Keating (GK), Lucy Bronze, Ella Toone, Grace Clinton, Esme Morgan, Millie Turner.

Pengelola

Sarina Wiegman – 7/10 – Rotasi yang sangat dibutuhkan dalam tim setelah musim yang intens dan awal musim panas internasional. Mengganti pemain dengan tepat waktu untuk menjaga momentum yang menguntungkan Inggris dan mereka mengendalikan permainan selama 90 menit.

Pemain terbaik pertandingan – Alessia Russo

BACA BERITA, FITUR & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU