Rating pemain saat Christian Pulisic membawa USMNT meraih kemenangan pertama Copa America 2024

by

Di hadapan penonton tuan rumah di AT&T Stadium, Tim Nasional Putra AS mengawali pertandingan pertama Copa America 2024 dengan Bolivia dengan baik, menang 2-0 dengan Christian Pulisic mencuri perhatian.

Setelah dua penampilan yang kurang memuaskan di mereka Copa Amerika Dengan persiapan, termasuk kekalahan 5-1 dari Kolombia, USMNT tampak tampil di pertandingan pertama Grup C mereka dan membuat pernyataan melawan Bolivia, tim peringkat 84 dunia.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Amerika memulai dengan awal yang menggemparkan, mengalahkan Bolivia sejak peluit pertama berbunyi. Hanya tiga menit setelah pertandingan, tidak lain adalah Christian Pulisic yang melepaskan tendangan melengkung dari atas kotak penalti untuk memberi Stars and Stripes keunggulan 1-0 dan sang kapten mencetak gol internasionalnya yang ke-30.

40 menit berikutnya babak pertama berjalan lancar. AS tampak puas memperlambat tempo permainan dan menjaga penguasaan bola tetap nyaman. Setelah beberapa peluang, Tim Ream merebut bola kembali dari lemparan ke dalam Bolivia dan AS dengan cepat memberikannya kepada Pulisic, yang membawanya ke depan dan memberikannya kepada Folarin Balogun. Striker tersebut melepaskan tembakan kaki kiri ke sudut jauh gawang, mengalahkan Viscarra dan mengirim AS ke ruang ganti unggul 2-0.

Alih-alih berhenti menekan di babak kedua, AS malah terus menekan dengan rasa lapar yang nyata akan lebih banyak gol yang seharusnya bisa mereka kubur. Ricardo Pepi, khususnya, memiliki peluang-peluang gemilang, termasuk tendangan dari jarak tiga yard pada menit ke-90 yang ditembakkannya langsung ke arah kiper.

Meskipun kekurangan gol di babak kedua, AS pulang dengan tiga poin dan akan mengalihkan perhatian mereka ke pertandingan berikutnya melawan Panama pada 27 Juni.

Folarin Balogun

Balogun membuat AS unggul 2-0 sebelum turun minum. / Sam Hodde/GettyImages

GK: Matt Turner – 6/10 – Penjaga gawang AS menjalani malam yang tenang dan beberapa penyelamatan yang harus dilakukannya sangat nyaman.

RB: Joe Scally – 6/10 – Tanpa beberapa umpan ceroboh, Joe Scally tampaknya mulai menyesuaikan diri dengan peran awalnya menggantikan Sergino Dest yang cedera. Namun, dia tidak diminta untuk berbuat banyak.

CB: Chris Richards – 5/10 – Chris Richards membantu Ream dan Turner menjaga clean sheet, tapi dia mendapat beberapa hadiah buruk yang bisa menghasilkan peluang berbahaya melawan lawan yang lebih tangguh.

CB: Tim Ream – 6/10 – Tim Ream melakukan tugasnya malam ini dengan sedikit kemeriahan. Dia tidak perlu melakukan pertahanan yang heroik, tapi dia memenangkan kembali bola yang mengarah ke gawang Balogun.

LB: Antonee Robinson – 8/10 – Antonee Robinson selalu berkontribusi dalam serangan, mencari ruang di sayap kiri yang seringkali diakhiri dengan umpan silang solid ke area berbahaya. Dia adalah salah satu pemain yang paling tak tergantikan dalam daftar ini.

CM: Weston McKennie – 6/10 – Weston McKennie memiliki performa yang solid di lini tengah dengan beberapa kali berlari mengancam ke dalam kotak penalti, namun ia juga terkadang merasa tidak bisa beraksi. McKennie mendapat kartu kuning pada menit ke-49.

CM: Tyler Adams – 6/10 – Tyler Adams hanya memainkan paruh pertama permainan saat Berhalter terus mengatur kembalinya sang gelandang dari cedera. Dia tampak bagus ketika menguasai bola, tetapi kehebatan pertahanannya di lini tengah tidak dibutuhkan saat melawan Bolivia.

CM: Gio Reyna – 7/10 – Meskipun Gio Reyna memiliki sedikit gambaran tentang apa yang bisa dia bawa untuk serangan USMNT malam ini, sepertinya penampilan terbaiknya untuk Stars and Stripes masih belum datang. Pemain Nottingham Forrest itu juga menerima beberapa tekel keras.

RW: Timotius Weah – 7/10 – Tim Weah mungkin tidak menjadi berita utama setelah penampilannya malam ini, namun ia pergi dengan memberikan assist ke gawang Pulisic dan tetap menjadi salah satu pemain paling andal untuk serangan AS.

ST: Folarin Balogun – 7/10 – Folarin Balogun mencetak gol tepat sebelum turun minum, kemungkinan besar melakukan cukup banyak upaya untuk mempertahankan posisinya meskipun ada beberapa sentuhan keras di sepertiga akhir lapangan yang tidak menghasilkan penyelesaian berkualitas.

Kiri: Christian Pulisic – 9/10 – Sekali lagi, Christian Pulisic menjadi pemain terbaik USMNT. Tendangan briliannya tidak hanya membuat AS unggul 1-0, tetapi ia juga membantu gol Balogun untuk menutup pertandingan hanya di babak pertama.

Pengganti

Yunus Musah – 6/10 – Yunus Musah membuat kehadirannya diketahui hanya dalam 45 menit, beberapa kali mengalahkan pemain yang menggiring bola di area tengah dan membantu pertahanannya untuk mendapatkan kembali penguasaan bola di wilayahnya sendiri.

Johnny Cardoso – 5/10 – Johnny Cardoso hanya bermain kurang dari tiga puluh menit dan tidak memberikan kontribusi yang mengesankan.

Ricardo Pepi – 5/10 – Ricardo Pepi memiliki peluangnya, namun gagal menghasilkan hasil akhir.

Luca de la Torre – 5/10 – Pemain pengganti mendapatkan standar lima setelah dia masuk menggantikan Weston McKennie pada menit ke-78.

Brenden Aaronson – Tidak Ada – Aaronson hanya bermain di empat menit terakhir plus waktu tambahan.

Pengelola

Gregg Berhalter – 7/10 – Meski menang dengan nyaman, rasa panas di Berhalter tidak akan hilang. AS diperkirakan akan mengalahkan Bolivia, dan manajer mereka tidak akan memberikan pujian besar karena telah menurunkan susunan pemain yang memiliki pemain lebih baik di setiap posisi daripada La Verde. Keputusan Berhalter untuk memainkan Balogun malam ini atas Ricardo Pepi, membuahkan hasil.

Secara realistis, Stars and Stripes seharusnya mencetak lebih banyak gol pada malam itu. Harapannya, tim tidak menyesali peluang tersebut mengingat grup ini bisa ditentukan berdasarkan selisih gol.