Berita Bursa Calon Gubernur Jakarta Terbaru, PKS Usung Sohibul Iman

by


Jakarta, Pahami.id

Menukarkan calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 semakin panas Kini muncul nama Wakil Ketua Dewan UKM Mohammad Sohibul Iman yang dihadirkan sebagai calon Gubernur Jakarta.

“Calon yang kami usulkan adalah Mohamad Sohibul Iman yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan UKM,” kata Juru Bicara UKM Ahmad Mabruri, Minggu (23/6).


Mabruri menilai Sohibul Iman punya integritas dan kemampuan untuk menjadi calon gubernur.

Selain itu, Sohibul Iman telah membuktikan kepemimpinannya dalam membawa UKM ke level selanjutnya.

Menurut dia, PKS di bawah kepemimpinan Sohibul mengalami peningkatan suara dan kursi yang signifikan dari 8,46 juta suara atau 6,77 persen pada tahun 2014 menjadi 11,49 juta suara atau 8,21 persen pada tahun 2019, atau meningkat dari 40 kursi pada tahun 2014 menjadi 50 kursi pada tahun 2019. .

Sementara itu, Sohibul Iman menyatakan siap maju sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

“Saya tidak ada persiapan khusus, tapi sebagai kader partai tentunya saya harus selalu siap diberi amanah apapun,” kata Sohibul kepada CNNIndonesia.com.

Toh, amanah kali ini adalah aspirasi (usulan, keinginan dan harapan) kader DKI dan inspirasi (pikiran, pertimbangan dan keputusan) pimpinan pusat. Sebagai seorang kader, saya tidak boleh mengabaikan aspirasi dan inspirasi kader. kepemimpinan,” tambahnya.

Sebelumnya, DPW PKS DKI Jakarta mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta.

Anies menjadi nama yang paling banyak dilirik partai politik. Anies kini mendapat dukungan untuk mencalonkan diri kursi Jakarta 1 dari PKB, PDIP, dan NasDem wilayah Jakarta.

Namun, dia belum mendapat surat dukungan dari tingkat pusat ketiga partai tersebut.

Selain Anies, ada juga mantan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa RK ini mendapat dukungan Partai Gerindra dan PAN untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Kandidat lain yang diprediksi masuk Pilgub DKI Jakarta adalah putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

Nama Kaesang masuk dalam Pilgub DKI 2024, selain delapan kursi PSI ibu kota di DPRD DKI Jakarta, ada juga keputusan Mahkamah Agung (MA) terkait perubahan syarat usia calon bupati.

Terakhir ada mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Politisi PDIP itu mengaku paling siap jika dicalonkan sebagai calon gubernur Jakarta.

(lna/fra)