Rating pemain saat Berhalter dan USMNT tersingkir dari Copa America 2024

by

Uruguay mengalahkan Amerika Serikat 1-0 malam ini di Stadion Arrowhead, mengakhiri kampanye Copa America 2024 USMNT saat baru saja dimulai.

Menuju final Grup C di Piala Amerika 2024USMNT menghadapi tantangan terberat mereka sejauh ini melawan Uruguay yang tak terkalahkan. Stars and Stripes tidak diperkuat Tim Weah, yang dikeluarkan dari lapangan saat melawan Panama dan diskors untuk dua pertandingan AS berikutnya. Selama absennya dia, Gregg Berhalter memberi Yunus Musah kesempatan bermain pertamanya di turnamen ini, dan memindahkan Gio Reyna ke sayap kanan.

Bagaimana permainan itu berlangsung

AS tampil dengan intensitas tinggi saat mereka membawa permainan langsung ke Uruguay, tampak seperti tim yang bertekad untuk mencetak gol lebih awal. Penonton di Stadion Arrowhead menyemangati tim tuan rumah saat Stars and Stripes mendominasi penguasaan bola dalam 20 menit pertama, sesuatu yang belum pernah dilakukan tim lain di turnamen ini melawan La Celeste.

Babak pertama berubah menjadi menegangkan ketika Tim Ream bertabrakan dengan Maximiliano Araujo, yang mengakibatkan pemain Uruguay itu terjatuh dengan keras karena kepalanya membentur tanah. Araujo ditarik keluar lapangan pada menit ke-27, dan hanya 15 menit kemudian, Folarin Balogun terpaksa keluar lapangan karena cedera. Sisa babak pertama berlangsung tidak padu karena wasit Kevin Ortega kesulitan mengendalikan permainan yang mengandalkan fisik. Kedua tim kembali ke ruang ganti masing-masing dengan hanya satu tembakan tepat sasaran dari kedua tim.

Uruguay keluar dari babak pertama dengan tekad untuk memperlambat permainan dan mempertahankan penguasaan bola, sehingga mengganggu ritme permainan AS. Peluang-peluang La Celeste berubah menjadi upaya-upaya berbahaya yang akhirnya menghasilkan gol pembuka pertandingan dari Mathias Olivera pada menit ke-66. Olivera tampak berada dalam posisi offside ketika Ronald Araujo awalnya menyundul bola, tetapi VAR mengesahkan gol tersebut.

Kontroversi tersebut merusak sisa pertandingan, tetapi terlepas dari keputusan wasit, AS gagal mencetak gol yang mereka butuhkan meskipun mereka tidak kebobolan. Timnas AS hanya berhasil melakukan tiga tembakan tepat sasaran, dan bahkan dengan pemain yang segar di babak kedua, tidak ada peluang mencetak gol yang mengancam yang memaksa Rochet melakukan penyelamatan yang tidak mudah. ​​Haji Wright memiliki peluang terbaik di menit-menit akhir pertandingan, tetapi pemain pengganti tersebut memaksa tembakan lemah dari jarak 12 yard saat Ricardo Pepi berada di sisi kanan lapangan.

Tim Ream

Amerika Serikat v Uruguay – CONMEBOL Copa America USA 2024 / Shaun Clark/GettyImages

Kiper: Matt Turner – 5/10 – Turner menjadi starter malam ini meskipun mengalami cedera kaki saat melawan Panama, tetapi sang kiper masih terlihat kurang fit, melakukan tendangan gawang yang tidak tepat dan melepaskan bola terlalu cepat saat berada di bawah tekanan. Turner juga melakukan rebound yang buruk yang menghasilkan gol kemenangan Uruguay.

RB: Joe Scally – 5/10 – Scally mengalami babak pertama yang sulit. Bek kanan itu tidak menguasai bola dengan baik dan mengandalkan peluit wasit untuk menyelamatkannya dari situasi buruk. Scally cedera sebelum turun minum, tetapi tetap bermain meski kesakitan meskipun harus dirawat di kedua babak.

CB: Chris Richards – 5/10 – Untuk pertandingan ketiga berturut-turut di Copa America, Richards mengawali pertandingan dengan lini belakang yang goyah dengan umpan yang kurang akurat kepada Turner yang hampir dimanfaatkan Uruguay. Bek tengah itu mendapat kartu kuning pada menit ke-33 karena tekel yang buruk terhadap de la Cruz sebagai upaya terakhir untuk menghentikan serangan balik Uruguay.

CB: Tim Ream – 6/10 – Ream menyelamatkan Turner dan AS dari kebobolan di babak pertama setelah ia menepis tembakan di depan gawang yang hampir kosong menyusul keputusan membingungkan wasit yang mengizinkan Uruguay melakukan tendangan bebas cepat saat ia masih mengurung Chris Richards.

LB: Antonee Robinson – 6/10 – Robinson tidak begitu aktif dalam serangan AS malam ini seperti yang dia lakukan dalam dua pertandingan pertama turnamen, tetapi bek kiri ini berperan penting dalam pertahanan, selalu melakukan tekel yang tepat pada serangan balik Uruguay untuk menghentikan penyerang mereka yang produktif.

CM: Weston McKennie – 5/10 – McKennie bekerja keras dalam bertahan malam ini untuk membantu menekan lini belakang Uruguay, tetapi gelandang itu tidak cukup efektif dalam serangan dalam pertandingan di mana timnya harus menang.

CM: Tyler Adams – 6/10 – Adams sempat dikalahkan oleh kecepatan Darwin Nunez di awal pertandingan, tetapi gelandang itu bangkit kembali dan menjadi alasan utama mengapa Uruguay tidak memiliki penguasaan bola yang berkelanjutan di babak pertama. Adams tampil seperti dirinya yang dulu sepanjang pertandingan, muncul di mana pun timnya membutuhkannya untuk meredam peluang Uruguay.

CM: Yunus Musah – 6/10 – Debut Musah di Copa America 2024 penuh dengan sentuhan pertama yang bersih yang membantu AS keluar dari tekanan. Sang gelandang juga memanfaatkan kecepatannya untuk ikut menyerang saat peluang datang.

RW: Gio Reyna – 6/10 – Reyna menjadi pemain terbaik AS di babak pertama meski baru pertama kali bermain di sayap kanan. Ia berhasil menghindari tekanan dan menciptakan hampir semua peluang terbaik AS, tetapi tidak berhasil.

ST: Folarin Balogun – 5/10 – Balogun terpaksa keluar lapangan pada menit ke-41 setelah mengalami cedera pinggul.

LW: Christian Pulisic – 6/10 – Pulisic sekali lagi melakukan umpan bola mati yang hebat malam ini dan beberapa kali berlari cepat, mengukir ruangnya sendiri di sayap kiri. Namun, tanpa Weah dan Balogun, sang kapten tidak akan bisa begitu mematikan di sepertiga akhir.

Pengganti

Ricardo Pepi – 6/10 – Pepi masuk pada menit ke-41 menggantikan Balogun yang cedera, dan meskipun sang penyerang tidak seefektif Balogun di sepertiga akhir, Pepi menempatkan dirinya pada posisi bagus yang dapat menghasilkan peluang berbahaya jika rekan setimnya menemukannya.

Josh Sargent – 5/10 – Sargent masuk pada menit ke-72 saat AS sangat membutuhkan gol. Pemain pengganti itu membuat AS memperoleh tendangan sudut pada menit ke-83, tetapi selain itu, ia gagal memberi dampak.

Haji Wright – 4/10 – Seperti Sargent, Wright masuk pada menit-menit akhir pertandingan sebagai penyerang tambahan bagi AS. Wright menahan umpan brilian dari Robinson pada menit ke-84 dengan sentuhan keras di dalam kotak penalti, lalu memilih untuk melepaskan tembakan ke arah kerumunan saat Pepi tidak terkawal di sisi kanannya beberapa menit kemudian.

Malik Tillman – T/A – Tillman masuk pada menit ke-90.

Pengelola

Gregg Berhalter – 5/10 – Berhalter harus bertanggung jawab atas penampilan buruk AS di Copa America musim panas ini. Tersingkir dari turnamen di babak penyisihan grup dan membiarkan Panama maju menggantikan USMNT adalah hasil yang tidak dapat diterima, terutama saat Stars and Stripes bermain di kandang sendiri.

Ketika hal itu paling penting, AS tidak muncul malam ini dalam pertandingan yang harus dimenangkan, dan Berhalter mungkin harus membayar kekecewaan timnya dengan pekerjaannya.