Raja Baru di Katalunya, Girona Tak Perlu Diragukan Lagi Jadi Favorit Juara Liga Spanyol – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Tim kuda hitam Girona melanjutkan ‘dongeng’ sensasionalnya di Liga Spanyol musim ini. Terbaru, Girona memenangkan laga tandang melawan Barcelona dan mengokohkan posisinya di puncak klasemen LaLiga.

Girona tampil lebih besar musim ini menyusul kemenangan luar biasa mereka atas tuan rumah Barcelona pada laga jornada 16 Liga Spanyol 2023/2024 di Lluis Companys Olympic Stadium, Barcelona, ​​​​​​yang berakhir pada Senin (11/12) pagi WIB.

Meski bermain tandang, skuad Girona asuhan pelatih Michel tampil kuat dengan meraih kemenangan besar 4-2 dalam derby Catalunya.

Kecuali gelandang utama mereka, Yangel Herrera, Girona tetap tampil apik di kandang melawan Barcelona.

Tim tamu memimpin melalui pemain Ukraina Artem Dovbyk setelah pertandingan baru berjalan 12 menit.

Barcelona menyamakan kedudukan pada menit ke-19 lewat sundulan Robert Lewandowski.

Tak panik, Girona kembali memimpin pada menit ke-40. Bek kiri Miguel Gutierrez melepaskan tendangan keras yang masuk ke gawang Barca yang berhasil dikuasai kiper Inaki Pena.

Meski mendapat tekanan keras dari Barca di babak kedua, Girona justru mampu memperbesar keunggulan pada menit ke-80 lewat gol Valery Fernandez.

Barcelona memperkecil ketertinggalan di masa tambahan waktu pada menit ke-92 melalui Ilkay Gundogan.

Masih menyerang saat unggul 3-2, Girona kemudian melengkapi kemenangan melalui gol keempat yang dicetak pemain senior Uruguay, Stuani.

Dengan kemenangan ini, Girona naik ke puncak klasemen Liga Spanyol dengan 41 poin dari 16 pertandingan yang dimainkan.

Tim berjuluk Los Blanquivermells kini unggul dua poin dari tim peringkat kedua, Real Madrid.

Girona juga unggul tujuh poin dari Atletico Madrid dan Barcelona yang masing-masing berada di peringkat ketiga dan keempat.

Girona mengalahkan rival Catalan mereka untuk pertama kalinya dalam sejarah pertemuan kedua tim di Liga Spanyol.

Dengan torehan 41 poin, Girona yang musim lalu finis di peringkat 10 juga sudah memastikan keikutsertaannya di LaLiga musim depan, sehingga secara matematis mereka aman dari degradasi.

Artinya, Girona bisa mengejar target lain, setidaknya tampil di kompetisi Eropa untuk mendongkrak keuangan klub, bahkan mungkin bisa bermimpi besar menjuarai Liga Spanyol.

Soal peluang menang ini, pelatih Michel pun angkat bicara. Pelatih berusia 48 tahun kelahiran Spanyol itu tak mau bermegah lagi.

Pertama-tama, dengan 41 poin, untuk saat ini kami aman dari eliminasi, kata Michel seperti dilansir ESPN, Senin (11/12).

“Lebih cepat dari perkiraan. Kami membuat sejarah. Laga yang akan selalu dikenang, laga hebat antara dua tim yang mengincar kemenangan,” sambungnya.

“Saya tidak tahu apakah kami bisa menjuarai liga, tapi itu bukan misi kami. Tekanannya bukan pada kami, tapi pada Barcelona sebagai juara bertahan LaLiga.”

“Saya hanya menikmati momen saat ini. Saya tidak tahu apakah kami berada dalam posisi menjuarai LaLiga, tapi kami bisa mengalahkan siapa pun,” sesumbar pelatih.