Qatar ke Final Piala Asia 2023 Pakai Full Pemain Liga Lokal, Nasihat Shin Tae-yong Kian Terbukti – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa Timnas Qatar mencapai final Piala Asia 2023 hanya dengan pemain yang berkarier di liganya sendiri.

Fakta tersebut seolah memperkuat saran Shin Tae-yong kepada PSSI terkait upaya peningkatan kualitas Timnas Indonesia ke depan.

Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia tersingkir di babak 16 besar Piala Asia 2023 usai kalah 0-4 dari Australia pada 28 Januari.

Baca juga: Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia, Terus Berkarya di Seongnam FC

Meski skuadnas Indonesia sangat bergantung pada talenta pemain yang diturunkan secara turun temurun, Shin Tae-yong mengatakan kualitas kompetisi domestik akan berperan dalam membentuk karakter timnas yang kuat.

Saya cukup puas dengan peran PSSI dan dukungannya. Namun, saya sudah berkali-kali mengatakan bahwa Liga Indonesia harus lebih kuat, kata Shin Tae-yong saat itu.

“Sehingga karakter Timnas Indonesia juga bisa ditunjang dengan tingkat persaingan. Jadi itu beberapa perubahan yang sangat perlu dilakukan,” imbuhnya.

Pelatih Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Pernyataan Shin Tae-yong kini telah dibuktikan oleh Qatar. Tuan rumah Piala Asia 2023 tinggal selangkah lagi mempertahankan gelar juara di ajang empat tahunan tersebut.

Qatar sebagai juara Piala Asia 2019 atau edisi sebelumnya mampu melaju ke putaran final edisi tahun ini dengan seluruh pemainnya berkarier di kompetisi domestik.

Meski tak semua pemainnya asli warga Qatar, namun fakta bahwa mereka semua bermain di liga lokal menunjukkan betapa tingginya kualitas kompetisi kasta tertinggi mereka.

Baca Juga: Hamka Hamzah Bandingkan Timnas Indonesia Eranya Vs Era STY: Dulu Bisa Makan Nasi Goreng, Kini Makan Sembarangan Dicoret

Pemain kunci Qatar seperti Akram Afif, Almoez Ali dan Hasan Al-Haydos masing-masing bermain untuk klub domestik negaranya masing-masing.

Afif dan Al-Haydos tercatat bermain untuk Al-Sadd SC, sedangkan Almoez Ali berseragam klub Al Duhail SC.

Di final Piala Asia 2023, Qatar akan menghadapi Jordan, tim kuda hitam yang menampilkan performa paling impresif di ajang ini.

Duel Qatar melawan Jordan dijadwalkan berlangsung di Stadion Lusail, Qatar pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.