Profil Timor Leste U-23, Lawan Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas U-23 Timor Leste merupakan lawan mudah yang bisa menjadi korban “bulan” Timnas U-23 Indonesia di fase penyisihan Grup B Piala AFF U-23 2023.

Timnas Indonesia U-23 diundi bersama Timor Leste U-23 pada fase ini. Kepastian tersebut didapat lewat hasil undian Piala AFF U-23 2023 yang disiarkan langsung di kanal YouTube AFF.

Proses undian yang dilakukan pada Senin (29/5/2023) dilakukan langsung oleh Presiden FA Thailand, Somyot Poompanmoung. Thailand memang akan menjadi tuan rumah acara ini.

Selain menghadapi Timor Leste U-23, skuat Garuda Muda –julukan Timnas U-23 Indonesia– juga akan bertemu dengan Timnas U-23 Malaysia yang juga tergabung dalam Grup B AFF U-23 2023. Cangkir.

Sedangkan Grup A akan berisi empat peserta yakni Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Sedangkan Grup C melibatkan persaingan antara Vietnam, Filipina, dan Laos.

Piala AFF U-23 2023 sendiri rencananya akan berlangsung pada 31 Oktober hingga 12 November 2023. Ajang yang akan berlangsung di Thailand ini merupakan edisi keempat.

Profil Timor Leste U-23

Perkembangan sepak bola Timor Leste masih tertinggal dari negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. Hal ini karena bersinggungan dengan keadaan di negara yang sedang mengalami penjajahan.

Pada awalnya, mereka berada di bawah kekuasaan kolonial Portugis. Setelah itu, Indonesia juga menginvasi selama beberapa dekade selama era Orde Baru. Beberapa perang terjadi di bawah pendudukan ini.
Setelah mencapai kemerdekaan penuh pada tahun 2002, Timor Leste baru bisa mulai mengembangkan dunia olahraga termasuk sepak bola.

Piala AFF U-23 2005 yang diselenggarakan di Thailand merupakan pengalaman pertama Timnas U-23 Timor Leste mengikuti turnamen internasional.

Saat itu, mereka selalu menjadi puntung. Tergabung di Grup A, Timor Leste U-23 menelan tiga kekalahan beruntun melawan Malaysia (0-3), Myanmar (0-7) dan Filipina (1-4).

Untuk edisi selanjutnya, mereka juga masih belum bisa bicara banyak di tahun 2019. Namun, kejutan terjadi ketika mereka finis ketiga di Piala AFF U-23 2022.

Pada fase awal Grup A, Timor Leste menang dua kali melawan Brunei Darussalam (3-1) dan Kamboja (1-0), kemudian bermain imbang 2-2 melawan Filipina.

Setelah itu, mereka berhasil mencapai semifinal, namun kalah dari Vietnam melalui adu penalti. Menariknya, Timor Leste U-23 berhasil memenangkan perebutan juara ketiga.

Karena saat itu banyak pemain Laos yang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga tidak bisa bertanding dan harus kalah dengan walk-out.

[Muh Faiz Alfarizie]