Profil Reza Arya Pratama, Kiper yang Curi Hati Shin Tae-yong Usai Bantu PSM Juara Liga 1 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, menjadi salah satu nama mengejutkan pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas Indonesia dalam agenda FIFA Match Day Juni 2023.

Pasalnya, dari 26 nama yang dipilih Shin Tae-yong kali ini, Reza Arya Pratama merupakan salah satu pemain baru yang berpeluang besar melakoni debutnya bersama timnas Indonesia.

Reza Arya Pratama bersyukur dipanggil bergabung dengan Timnas Indonesia. Ia berjanji akan berjuang keras untuk masuk ke skuat utama timnas.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan senang dipanggil timnas Indonesia. Tentu saya akan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan tempat di timnas Indonesia,” kata Reza Arya dikutip dari laman resmi PSSI.

Sebagai informasi, Reza Arya Pratama merupakan satu dari lima pemain pertama yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi Palestina dan Argentina pada FIFA Match Day Juni 2023.

Selain Reza Arya Pratama, empat debutan lainnya adalah Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, dan Ivar Jenner yang merupakan pemain naturalisasi.

Profil Reza Arya Pratama

Jauh sebelum namanya masuk dalam daftar panggilan Timnas Indonesia, Reza Arya Pratama memang menjadi salah satu kiper sensasional di Liga 1 musim lalu.

Pasalnya, kiper asal Parepare ini nyaris tak tergantikan di bawah jeruji PSM Makassar. Dalam satu musim, ia bermain sebanyak 33 kali dan semuanya menjadi starter. Artinya, Reza hanya absen satu kali.

Satu-satunya momen yang terjadi adalah saat PSM Makassar berkunjung ke markas PSIS Semarang. Tanpa bantuan Reza, skuat Juku Eja ditaklukkan oleh Mahesa Jenar dengan empat gol tak terbalas.

Padahal, pemain kelahiran 18 Mei 2000 itu sudah menjalani debutnya bersama PSM sejak Liga 1 musim 2021/2022. Namun, dalam satu musim, dia hanya tampil sekali.

Reza baru mendapatkan kepercayaan penuh saat Bernardo Tavares mengambil alih kepemimpinan tim kepelatihan. Sebelum kompetisi dimulai, ia juga menjadi pilihan pertama di Piala Presiden 2022 dan Piala AFC 2022.

Performa impresif kiper berusia 23 tahun itu pun teruji. Pasalnya, dari 33 penampilan, Reza Arya berhasil membukukan 14 clean sheet di Liga 1 2022/2023.

Dengan kata lain, persentase bersihnya mencapai 42,4%. Ini adalah angka tertinggi kedua di Ligue 1 musim lalu. Reza hanya kalah dari Andritany Ardhiyasa yang berhasil mempersembahkan 15 clean sheet bersama Persija Jakarta.

Bukan tidak mungkin, Reza akan menjadi pilihan utama di bawah gawang Timnas Indonesia suatu saat nanti. Apalagi kiper kunci seperti Nadeo Argawinata belum dipanggil.

[Muh Faiz Alfarizie]