Profil Qasim Matar Ali Al-Hatmi, Wasit yang Bikin Penonton Final SEA Games 2023 se-Indonesia Kena Prank – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Mengenal lebih dekat sosok Qasim Matar Ali Al-Hatmi, wasit yang menjadi wasit pertandingan timnas U-22 Indonesia melawan Thailand di final sepak bola putra SEA Games 2023.

Nama Qasim Matar Ali Al-Hatmi menjadi perbincangan usai memimpin pertandingan timnas U-22 melawan Thailand di final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023).

Para pemain timnas U-22 Indonesia berpose dengan medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Indonesia meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand 5-2. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

Bukan tanpa alasan namanya menjadi pembicaraan di kota. Pasalnya, wasit asal Oman itu membuat beberapa keputusan yang membuat banyak pihak haru di momen-momen kritis.

Momen penting pertama adalah gol Ramadhan Sananta pada menit ke-45+5 yang berawal dari bola yang dijatuhkan wasit, setelah itu Witan Sulaeman harus mendapat perawatan.

Kemudian momen kedua adalah di penghujung babak kedua. Saat itu, Qasim Matar Ali Al-Hatmi meniup peluit yang dianggap Timnas U-22 Indonesia sebagai peluit tanda berakhirnya pertandingan yang berujung pada selebrasi.

Tak hanya pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri yang digoda dengan bunyi peluit tersebut, tapi juga para pecinta sepak bola di Indonesia.

Namun wasit meminta Timnas U-22 Indonesia kembali ke bangku cadangan dan bertahan di lapangan, karena peluitnya menandakan tendangan bebas yang membuat Thailand menyamakan kedudukan pada menit ke-90+7.

Keputusan penting juga dikeluarkan oleh Qasim Matar Ali Al-Hatmi selama pertandingan yaitu tujuh kartu merah untuk kedua tim dan 12 kartu kuning selama pertandingan.

Gara-gara aksi dan keputusannya sepanjang pertandingan, nama Qasim Matar Ali Al-Hatmi menjadi perbincangan di dunia maya.

Lantas, siapakah Qasim Matar Ali Al-Hatmi? Berikut adalah profilnya.

Sering jelang pertandingan Indonesia

Qasim Matar Ali Al-Hatmi merupakan wasit muda asal Oman yang baru berusia 32 tahun. Ia sendiri lahir pada 11 Desember 1990.

Sebagai wasit berlisensi FIFA di Asia, Qasim, sapaan akrabnya, kerap menjadi wasit pertandingan-pertandingan penting dalam turnamen, baik pertandingan resmi FIFA maupun bukan di benua kuning.

Misalnya, Qasim dipercaya untuk mengikuti Piala Asia U-20 2023, di mana ia menjadi asisten wasit saat Timnas U-20 Indonesia melawan U-20 Uzbekistan di babak penyisihan grup.

Tak hanya menjadi asisten wasit, ia juga memimpin pertandingan panas Piala Asia U-20 2023 saat Uzbekistan U-20 melawan Korea Selatan U-20.

Selain itu, Qasim ternyata tercatat memimpin pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang digelar tahun 2021 di Singapura.

Saat itu ia memimpin laga semi final antara Indonesia vs Singapura dimana Qasim menjadi sorotan karena dianggap merugikan The Lions, kemudian tim Merah Putih menang dengan skor 4-2.

Dengan rekam jejaknya dalam tiga pertandingan Indonesia, bisa dikatakan Qasim membawa keberuntungan bagi tim Merah Putih menjelang pertandingan, karena tim Garuda jarang menelan kekalahan dari lawan.

Selama Piala AFF 2020, pemain Singapura itu dikeluarkan dari lapangan oleh Qasim, dan timnas Indonesia menang 4-2.

Kemudian pada Piala AFF U-20 2023, Indonesia U-20 mampu bermain imbang melawan Uzbekistan U-20 saat Qasim menjadi asisten wasit.

Lalu di final SEA Games 2023, di mana Qasim memecat tiga pemain Thailand, dan hanya satu pemain Indonesia, Komang Teguh.

Dengan keunggulan jumlah pemain, Timnas U-22 Indonesia pun berhasil merebut dan merebut medali emas SEA Games 2023.

[Penulis: Felix Indra Jaya]