Profil Olga Carmona, Pahlawan Timnas Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Nama Olga Carmona Garcia akan tercatat dalam buku sejarah Spanyol setelah menjadi pahlawan Timnas Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023.

Timnas Putri Spanyol yang menghadapi Inggris di final Piala Dunia Wanita 2023, Minggu (20/8) WIB, di Stadion Australia, Sydney, menang 1-0.

Kemenangan tipis ini cukup membawa Spanyol menjadi juara dunia dan ini pertama kali dalam sejarah Spanyol menjadi juara Piala Dunia Wanita.

Satu-satunya gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Olga Carmona pada menit ke-29. Hal ini kemudian menjadikan Olga sosok yang paling menonjol.

Ironisnya, malam perayaan itu menjadi malam campur aduk bagi Olga. Kegembiraan memenangkan Piala Dunia Wanita bercampur dengan kesedihan setelah mendengar kabar kematian ayahnya.

Lantas, bagaimana karir Olga Carmona?

Profil Olga Carmona

Sosok bernama lengkap Olga Carmona Garcia ini lahir di Seville, Spanyol, pada 12 Juni 2000. Sejak usia 6 tahun, ia sudah menjajal sepak bola.

Dia memulai semuanya di akademi Sevilla Este, kemudian pindah ke akademi wanita Sevilla pada tahun 2007. Setelah 10 tahun, dia akhirnya melakukan debutnya di tim utama wanita Sevilla pada tahun 2017.

Bersama Sevilla Women di musim debutnya, ia berhasil membawa timnya promosi ke Divisi Primera (tingkat teratas di Spanyol).

Setelah tiga musim di Seville, Olga Carmona kemudian pindah ke raksasa Spanyol, Real Madrid Femenino. Hingga musim terakhirnya di Madrid, ia mencetak 10 gol dalam 82 pertandingan.

Sementara itu, karir Olga di timnas Spanyol sudah dimulai sejak Spanyol U-19. Ia juga mengantarkan Spanyol U-19 menjuarai Euro U-19 2018.

Kemudian pada April 2021, Olga Carmona melakukan debut untuk timnas putri senior Spanyol. Sejauh ini ia telah mencatatkan 22 caps dengan 3 gol.

[Aditia Rizki]