Profil Masatada Ishii, Pelatih Baru Timnas Thailand yang Gantikan Mano Polking – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) tiba-tiba memecat Alexandre Polking bersama pelatih Jepang Masatada Ishii.

Keputusan itu diambil usai Thailand mengalahkan Singapura 3-1 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC, Selasa (21/11/2023).

Kepastian pemecatan Polking diketahui melalui postingan manajer timnas Thailand, Nualphan Lamsam atau akrab disapa Madam Pang, melalui akun Facebook resminya pada Rabu (22/11).

Nama Masatada Ishii kemudian dipilih sebagai pengganti Polking. Penunjukan Masatada kabarnya merupakan bagian dari rencana beberapa pihak untuk mencopot Mano Polking dari posisi pelatih Timnas Thailand.

Masatada Ishii sendiri sudah tidak asing lagi dengan sepak bola Thailand. Menjabat sebagai direktur teknis FAT sejak Agustus 2023.

Selain itu, Masatada juga sudah merambah dunia sepak bola Thailand sejak tahun 2021 dengan menukangi Samut Prakan City dan terakhir membesut Buriram United.

Lalu apa yang dilakukan Masatada Ishii? Berikut ulasannya!

Profil Masatada Ishii

Masatada Ishii adalah pelatih asal Jepang yang lahir pada tanggal 1 Februari 1967 di Ichihara, Jepang. Sebagai pelatih, ia punya banyak pengalaman.

Sebelum merambah dunia kepelatihan, Masatada terlebih dahulu merambah karir sebagai pemain sepak bola. Dia telah bermain untuk beberapa klub di Jepang.

Setelah lulus dari Universitas Juntendo, ia membela NTT Kanto, kemudian membela Kashima Antlers. Bersama Antlers, mereka meraih kesuksesan dengan menjuarai kejuaraan J.League, Piala Kaisar, dan Piala J.League.

Setelah sekian lama bermain untuk Kashima Antlers, Masatada Ishii pergi ke Avispa Fukuoka dan pensiun pada tahun 1998. Setelah itu, ia menjadi pelatih fisik.

Namun hingga tahun 2015, Masatada Ishii menjadi pelatih kepala di Kashima Antlers. Total, ia melatih di sana selama dua tahun, memenangkan gelar Liga J1, Piala Kaisar, Piala J.League, Piala Super, dan menjadi runner-up Piala Dunia Antarklub 2016.

Setelah beberapa saat menganggur, Ishii pindah berlatih di Omiya Ardija selama setahun. Masatada Ishii kemudian memulai karirnya di Thailand pada Desember 2019 dengan membimbing Samut Prakan City.

Cukup sukses selama dua musim di Samut Prakan, Masatada Ishii direkrut Buriram United pada Desember 2021.

Bersama Buriram United, Masatada Ishii meraih kesuksesan besar. Ia membawa Buriram United meraih treble domestik dengan menjuarai Liga 1 Thailand, Piala FA Thailand, dan Piala Liga Thailand pada musim 2021/2022.

Masatada Ishii juga mengantarkan Buriram United menjuarai Liga Thailand, Piala FA Thailand, Piala Liga Thailand 202/23.

Kontributor: Aditia Rizki